oleh

WELCOME CONSERT SENDRATASIK 2019

Mahasiswa dan Dosen Larut dalam Harmoni

Padang (Metrans)

Sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan dalam menyambut mahasiswa baru angkatan 2019, civitas akademika Jurusan Seni Drama Tari dan Musik (Sendratasik), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar Welcome Consert yang diikuti oleh dosen dan mahasiswa jurusan tersebut.

Pagelaran yang dilakukan di Ruang Teater Tertutup Mursal Esten tersebut, berlangsung semenjak pukul 13.30 WIB sampai pukul 19.30 WIB, Senin (7/10) tersebut menampilkan aneka pagelaran yang merupakan karya mahasiswa dan dosen setempat.


Tema yang diusung dalam Welcome Consert kali ini adalah All in One Rhythm, tema ini diusung  sekaligus sebagai simbol indahnya semangat persatuan dan perpaduan di Jurusan Sendratasik yang civitas akademikanya berasal dariberbagai daerah dan latar belakang yang berbeda.

Ketua Jurusan Sendratasik, Dr. Syeilendra, M. Hum menyatakan, kegiatan ini adalah wadah yang mampu menghimpun seluruh potensi mahasiswa dan ini harus terus dilanjutkan dan dikembangkan lagi karena mahasiswa punya wadah menyalurkan energi mereka dan terjauh dari hal-hal negatif.

“Dengan mempunyai wdah untuk berkarya dan menyalurkan enegri mereka, maka mahasiswa  akan lebih muda diarahakan dan terhindar dari pengaruh negatif,” kata Syeilendra.

Adapun karya yang ditampilkan tidak hanya terfokus pada musik saja, namun juga mencakup bidang seni yang ada di jurusan tersebut, seperti seni tari, dan teater.

Dalam kegiatan tersebut sekitar 200 mahasiswa baru angkatan 2019 serta ratusan mahasiswa lainnya terlihat menikmati dan larut dalam setiap materi acara yang ditampilkan.

Kegiatan tersebut dibuka dengan permainan perkusi yang menampilkan komposisi permainan Jimbe dengan olahan nada yang dipadu kelincahan tangan dan menghasilkan harmoni.

Salah satu yang menarik adalah penampilan kelompok Palado yang bermaterikan dosen dan mahasiswa., keompok ini semua personilnya adalah wanita.

Dentuman suara drum yang dipadu dengan pekikan suara gitar serta melodi dari orgen seperti menjadi  energi dan magnet baru bagi 500 pengunjung sehingga mereka  tidak beranjak dan terpaku di tempat duduk menikmati suguhan musik yang disajikan.

Begitu juga ketika penampilan teater, yang menampilkan dramatisasi dan eksplorasi dari puisi, teriakan dan rintihan serta pergerakan pemain selalu menghadirkan sesuatu yang tidak terduga bagi penontion, sehingga selalu mengundak tepuk tangan dan decak kagum.

Puncak dari penampilan peserta Welcome Consert adalah Kelompok yang menamakan diri mereka Altakdiru, yang merupakan akronim dari Alam Takambang Jadi Guru. Kelompok yang beranggotan dosen, alumni dan mahasiswa ini sudah beberapa kali diundang tampil di luar UNP seperti di Padang Panjang dan Taman Budaya Sumatera Barat.

Dalam penampilan kali ini kelompok Altakdiru berhasil membius penonton permainan musik mereka. Penonton yang memadati gedung teater tersebut akhirnya larut dalam irama dan harmoni yang diaminkan kelompok tersebut.

Bahkan pada Rock n roll yang mereka mainkan penonton meluber dan berjoget di depan pentas dan diiringi dengan pekikan histeris saat nada-nada tinggi yang dimain dan lengkingan suara vokalis. (nok)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru