oleh



Ratusan Pengendara Terjaring Dalam Operasi Zebra

TANAH DATAR -  (Metrans)

 

Selama Operasi Zebra yang digelar Satlantas Polres Tanah Datar sejak 16 hingga 29 November 2016, polres setempat berhasil menjaring ratusan kendaraan yang melakukan pelanggaran.


Kasat Lantas Polres Tanah Datar AKP Yulandi Rusadi mengatakan, ratusan pengendara yang terjaring dalam razia selama 14 hari itu karena sejumlah pelanggaran.

 

"Sejak digelarnya operasi Zebra tanggal 16 dan berakhir  29 November 2016 sebanyak 437 surat tilang dikeluarkan oleh Satlantas dan 387 pengendara ditegur serta 1 kecelakaan lalu lintas,” ujar AKP Yulandi Rusadi kepada wartawan, kemaren.

Ia mengatakan, beberapa faktor yang menjadi target dalam razia ini adalah pengendara yang  saat berkendara, tidak menggunakan helm saat membawa penumpang, membawa penumpang dengan mobil bak terbuka, tidak menggunakan safety belt dan menggunakan ponsel saat berkendara.

"Sasaran kita semua kendaraan yang melanggar. Baik sepeda motor maupun mobil. Lima faktor penyebab faktor kecelakaan jadi perhatian. Kita akan menindak siapa saja yang melanggar," katanya.

 

Dalam razia lanjutnya, rata-rata pengendaraan kendaraan yang ditilang tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM), dan kendaraannya sudah diubah (modifikasi). Oleh sebab itu, tujuan dari razia ini untuk mengantisipasi sepeda motor telah di modifikasi yang digunakan melakukan tindakan kriminal.

“Bukan hanya pelanggaran tidak memiliki SIM dan dimodifikasi, juga ditemukan para pelajar membawa kendaraan yang menjadi target dalam razia ini,” ungkap Kasat Yulandi.

 

Disampaikan Yulandi Rusadi, sepeda-sepeda motor yag terjaring razia dalam operasi zebra ini, proses pengeluaran terhadap kendaraan pelanggar (pengendara) akan menjalani proses persidangan di Pengandilan Negeri setelah berakhir pelaksanaan operasi tersebut.

“Memang kita berlakukan tilang di tempat. Namun, untuk melepas atau mengeluarkan sepeda motor yang terjaring razia, pengendaranya harus mengikuti persidangan,” ujarnya. (eri)

 

 


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru