oleh



2020, Target Mentawai Bisa Laksanakan UNBK

20 Maret 2018

Mentawai, (Metrans) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) manargetkan pada 2020 pelajar di daerah itu bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Mentawai, Qamaisir di Tuapejat, Selasa.

"Tahun ajaran ini pelaksanaan UNBK belum bisa dilaksanakan.Kami targetkan pada 2020 Mentawai mampu menggelar UNBK," katanya.

Ia menjelaskan, ketersedian jaringan internet, sarana prasarana dan komputer yang masih minim di sekolah-sekolah, menjadi faktor utama pelaksanaan UNBK.

Sebaran sekolah-sekolah di daerah terpencil, ketersediaan aliran listrik dan jauh dari jangkauan jaringan internet juga menambah kendala pelaksanaan UNBK.

Sebagai daerah yang masuk dalam kategori terluar, terdepan dan tertinggal (3T) di Indonesia, perjuangan untuk bisa melaksanakan UNBK cukup berat.

"Harus ada koordinasi intens Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan provider telekomunikasi yang ada di Mentawai," katanya.

Ia berharap, secara bertahap pelaksanaan UNBK dapat mulai dilaksanakan pada tahun ajaran 2020 dan selanjutnya meningkat untuk tahun selanjutnya.

Ada beberapa perencanaan yang dilakukan pihak Disdikbud Mentawai untuk dapat menggelar UNBK, salah satunya menggelar kegiatan tersebut yang dipusatkan ditingkat kecamatan.

"Itu salah satu alternatif rencananya, dan bisa juga menumpang dengan sekolah yang ada," katanya.

Saat ini di Mentawai, terdapat 24 SMP Negeri dan tujuh swasta.Semuanya sudah terakreditasi dan juga sudah melaksanakan danmemiliki mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
(can)


Tag:

Editor :  Raihan Al Karim

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru