oleh



2.268 Anak Terima Beasiswa dari Baznas Kota Padang

PADANG (Metrans)

Senyum keceriaan semakin mengembang di wajah anak-anak sekolah di Kota Padang, Sumatera Barat, dari tingkat sekolah dasar hingga tingkat menengah. Pasalnya, 2.268 anak baru saja menerima beasiswa di program Padang Cerdas yang digagas Baznas Kota Padang.

Baznas Kota Padang kini semakin komitmen mengelola dana ummat, baik dana Zakat, Infak, Sedekah, hingga dana kemanusiaan. Hal itu pula yang mengantarkan Baznas Kota Padang dinobatkan sebagai Pengumpulan Zakat Terbaik tingkat Kabupaten/Kota se Indonesia tahun 2016 yang lalu.


Tahun ini, Baznas Kota Padang menyalurkan dana 1,437 miliar untuk beasiswa dalam program Padang Cerdas. Beasiswa yang diserahkan oleh Baznas Kota Padang sekali setahun ini dibagikan serentak Masing-masing anak menerima beasiswa yang berbeda sesuai tingkat pendidikannya.

“Kriteria penerima beasiswa ini, yakni muslim, dan kurang mampu secara ekonomi yang direkomendasi oleh sekolah sebanyak 5 orang. Rinciannya, untuk SD Rp600 ribu, SMP Rp800 ribu, dan Madrasah Aliyah (MA) Rp1 juta per anak,” papar Ketua Baznas Kota Padang, Epi Santoso di Masjid Nurul Iman Padang, Selasa (26/9).

Setiap tahunnya kata Epi, anak penerima beasiswa selalu berbeda. Ia melanujtkan, bahwa untuk tingkat Madrasah Aliyah (MA) sederajat, setiap penerima beasiswa dibina untuk ditargetkan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Pembinaan ini dilakukan oleh mentor untuk membina akhlak, ibadah, dan hafalan Al-Qur’an.

Pembinaan ini sekaligus membidik anak binaan agar lulus PTN jalur Bidikmisi. Bagi anak binaan yang lulus di PTN tanpa Bidikmisi, Baznas Kota Padang akan memberikan beasiswa biaya kuliah sampai sarjana, serta biaya hidup Rp500 ribu per bulan untuk di Sumbar dan Rp600 ribu untuk anak yang kuliah luar Sumbar.

“Kita sudah mempunyai tiga angkatan anak binaan, di tahun 2016 70 persen lulus di PTN, bahkan di UNP, UIN Imam Bonjol Padang, serta di Universitas Indonesia sudah semester lima,” ujar Ketua Baznas Kota Padang ini.

Sementara Walikota Padang, H. Mahyeldi yang turut hadir dalam pembagian beasiswa Program Padang Cerdas tersebut, juga menyatakan prestasi Baznas Kota Padang ini sangat gemilang dalam menghimpun dana zakat. Ia menyebutkan bahwa sudah 36 ribu rumah lebih atau 200 ribu orang yang disantuni oleh Baznas Kota Padang ini.

Mahyeldi berharap dengan adanya bantuan beasiswa dari Baznas ini, anak-anak Kota Padang bisa semakin terdidik menempuh pendidikan. Menurutnya, anak-anak penerima beasiswa ini ialah generasi muda, yang akan memimpin Kota Padang dan Indonesia sekaligus menjadi muzzaki di masa akan dating.

“Tolong para orangtua, didik anak dengan baik, shalat berjamaah, hentikan menonton televisi, doakan para Muzzaki mudah rezeki, dan doakan Baznas Kota Padang agar semakin dipercaya oleh masyarakat untuk menyalurkan zakatnya,” ujar Mahyeldi.

Begitu pula pesan dari Ketua Baznas Sumatera Barat, Prof. Syamsul Bahri Khatib, bahwa pemberian beasiswa dari Baznas ini dalam rangka mencerdaskan generasi muda Kota Padang. Syamsul berharap dengan adanya beasiswa ini bisa membantu pendidikan anak-anak kurang mampu, untuk melanjutkan pendidikan yang lebih baik.

“Gunakan dana beasiswa ini dengan baik, agar anak-anak bisa cerdas, dan berakhlak mulia,” harapnya. (why)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru