oleh

12-19 AGUSTUS 2018

23 Siswa SMA/SMK Asal Sumbar Ikut Program Pertukaran Pelajar dengan Sulsel

PADANG (Metrans)
Melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri, sebanyak 23 siswa tingkat SMA/SMK asal Sumbar ditambah dua dari Muara Sumsel akan menjalani program pertukaran pelajar dengan siswa asal Sulawesi Selatan (Sulsel), 12-19 Agustus.

Program dengan nama Siswa Mengenal Nusantara (SMN) itu di Sumbar dijalankan dua BUMN yaitu PT Bukit Asam (Persero) Tbk (PTBA) dan PT Bhanda Ghara Reksa (PT BGR).

Seleksi untuk 23 siswa sebelumnya dilakukan di level kabupaten/kota. Seleksi tak hanya menyasar sekolah reguler, namun juga sekolah bagi siswa berkebutuhan khusus. Hasilnya, ada 3 siswa berkebutuhan khusus yang ikut program 'Siswa Mengenal Nusantara' ini.


Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang melepas secara resmi 25 siswa tersebut mengatakan program tersebut sangat bagus untuk mengenalkan kekayaan adat dan budaya nusantara di kalangan siswa.

"Manfaatkan kesempatan ini untuk mengenal kekayaan adat dan budaya nusantara. Ambil hikmah sebanyaknya untuk meningkatkan kapasitas diri," kata Irwan Prayitno saat melepas siswa, Jumat (10/8) di Aula Kantor Gubernur Sumbar.

Irwan Prayitno mengatakan Indonesia adalah negara besar yang terdiri dari beragam suku bangsa. Berdasarkan sensus BPS 2010 jumlah suku bangsa di Indonesia mencapai 1.340. Melihat langsung adat budaya dan sejarah daerah lain di Indonesia akan menambah luas wawasan generasi muda sehingga bangga menjadi warga Indonesia dan menumbuhkan nasionalisme.

"Belajarlah perbedaan sebagai rahmat Tuhan yang menjadi perekat persatuan bangsa. Jaga etika dan norma kesopanan karena membawa nama daerah. Selain itu harus bisa memahami adat budaya tempat tujuan meski jauh berbeda dari adat budaya yang dipahami selama ini. Di mana bumi dipijak di sana langit di junjung. Artinya sesuaikanlah diri dengan adat istiadat tempat tujuan," katanya.

Sementara Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin menjelaskan, perusahaan yang ia pimpin ditunjuk untuk menangani program SMN di Sumbar karena PTBA sendiri masih memiliki area kerja di Kota Sawahlunto. 

Nanti, lanjutnya lagi, seluruh siswa yang terbangkan ke Sulawesi Selatan akan dikenalkan dengan budaya, adat, dan wawasan kebangsaan yang ada di sana. Begitu juga sebaliknya, siswa asal Sulsel akan mendapat perlakuan serupa di Sumbar.

"Sehingga pas pulang mendapat wawasan, kesan, dan manfaat seperti apa saudara kita dengan suku yang beraneka ragam menjalani kehidupan. Sehingga saat merantau sudah memahami lebih jauh," katanya didampingi Plt Dirut PT BGR M. Affan.

Program Siswa Mengenal Nusantara merupakan bagian dari implementasi slogan 'BUMN Hadir untuk Negeri'. Sejumlah BUMN ditunjuk pemerintah untuk menjalankan program SMN di berbagai daerah di Indonesia. Harapannya, siswa di Indonesia semakin mengenal lebih dekat keberagaman yang ada di Indonesia. (pep)


Editor :  John Edward Rhony

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru