oleh

UKW-8 PWI SUMBAR

25 Wartawan dari Sumbar, Riau dan Babel Dinyatakan Kompeten, Dua di Antaranya Wartawan Metro Andalas

PADANG (Metrans)

25 dari 31 wartawan dinyatakan kompeten setelah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Barat (Sumbar) bekerjasama dengan Bank Nagari, Polda Sumbar dan Semen Padang di Gedung Diklat Bank Nagari, Jumat (4/5) hingga Sabtu (5/5).

Setelah dibuka Direktur Utama Bank Nagari, Dedy Ihsan, Jumat (4/5), pada saat penutupan langsung ditutup Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Sabtu (5/5).


 Tim Penguji, Rajab Ritonga mengatakan, dari hasil ujian yang telah dilaksanakan selama dua hari, ada 25 wartawan yang dinyatakan sudah kompeten.

"Untuk wartawan utama yang kompeten 5 orang, wartawan madya yang kompeten 6 orang dan wartawan muda yang kompeten 14 orang," katanya.

Dikatakan, pada UKW yang ke-314 di Indonesia ini, setelah dievaluasi tim penguji, bagi yang belum kompeten, banyak kesalahan dalam teknik penulisan berita, menyunying berita dan jejaring.

"Sebenarnya jejaring ini adalah rohnya dari jurnalis, yang berguna sebagai verifikasi data," katanya.

Ketua PWI Sumbar, Heranof Firdaus mengatakan, diperkirakan dari 1000 orang lebih wartawan yang ada di Sumbar, hanya sekitar 350 orang yang sudah berkompeten.

Ia juga mengimbau, bagi wartawan yang belum mengikuti UKW, untuk segera ikut UKW, dan bagi yang belum kompeten, untuk bisa mengulang kembali enam bulan yang akan datang.

Sementara Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan, wartawan yang sudah berkompeten, sangat berguna bagi pemerintahan hingga di kalangan masyarakat. 

"Akibat jika wartawan belum kompeten yakni, tidak layak, tidak berimbang, tidak ada fakta data sesuai dengan Undang Undang Pers yang menuntut wartawan memproduksi berita secara profesional," katanya.

Dari 25 orang wartawan yang dinyatakan kompeten setelah diuji itu, dua di antaranya yakni wartawan Metro Andalas. Ke duanya yaitu Raihan Al Karim dan Febriansyah Fahlevi (*)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru