oleh



427 Anak Khitan Massal Gratis di Baznas Kota Padang

PADANG (Metrans)

Salah satu program unggulan Badan Amal Zakat (Baznas) Kota Padang, yakni setiap tahunnya menggelar sunatan massal gratis bagi warga kurang mampu. Kali ini, diujung tahun 2017 Baznas Kota Padang menggelar Khitanan Massal Gratis untuk 427 orang.

Kegiatan Khitanan Gratis ini ialah program "Padang Sehat" Baznas yang melibatkan pihak ketiga, yang diresmikan langsung Walikota Padang, Mahyeldi di pelantaran parkir Kantor Baznas Kota Padang di Jalan Bypass Padang.


Pada saat itu, Mahyeldi mengatakan Baznas harus bersinergi dengan sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), serta perusahaan yang ada di Kota Padang dalam penyaluran zakat dan bantuan sosial lainnya.

Walikota Padang ini sangat mengapresiasi Program Padang Sehat Baznas, untuk membantu anak-anak mustahik melalui khitanan. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada pihak ketiga yang turut membantu.

"Sewajarnya, BUMN yang ada di Sumbar, harus menyalurkan zakat dan CSR-nya melalui Baznas di daerah, misalnya Kota Padang. Mereka bertempat usaha di daerah, mestinya turut menyejahterakan masyarakat daerah," kata Mahyeldi, Sabtu (23/12).

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Padang, Epi Santoso mengatakan tahun ini pihaknya dapat menyalurkan bantuan lebih banyak untuk khitanan dibanding tahun sebelumnya. Ia menyebutkan, bantuan tersebut berasal dari Baitul Maal Muamalat senilai Rp15 juta dan dari CSR Bank CIMB Niaga Syariah berupa 300 kain sarung.

"Khitanan ini program tahunan. Jumlah anak yang dikhitan lebih banyak karena selain berasal dari zakat yang dikelola Baznas juga ada bantuan Muamalat dan CIMB Niaga Syariah," sebutnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, hingga Desember 2017 ini Baznas Padang sudah menyalurkan zakat 39 ribu lebih mustahik, dan dana zakat yang dikelola mencapai Rp19,6 miliar.

"Kita optimistis, dapat mencapai target Rp24 miliar karena biasanya menjelang tutup tahun terjadi lonjakan penerimaan zakat," katanya.

Tahun 2018, Baznas Kota Padang sudah pasang target pengumpulan zakat sebesar Rp26 miliar. Adapun pengumpulan zakat dari non PNS tahun ini mencapai sebesar Rp5,6 miliar. Tahun sebelumnya hanya berkisar Rp2 juta hingga Rp3 juta.

"Kita berharap, pengumpulan zakat dari non PNS akan terus meningkat seiring terbangunnya kepercayaan publik terhadap Baznas Kota Padang," katanya. (why)


Editor :  Fahlevi

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru