oleh



Atlet PASI Sumbar Buru Tiket PON

Padang, Metrans-Sebanyak 13 atlet Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumbar mulai merambah keberuntungan untuk memburu tiket Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua. Atlet yang memburu tiket ini akan bersaing di ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik Jatim Open 2019 yang akan ditabuh 27-31 Maret. Iven yang akan ditabuh di Gelora Joko Samudro, Gersik ini merupakan salah satu ajang babak kualifikasi PON.  

Ketua Pengprov PASI Sumbar S Budi Syukur  mengatakan, ajang itu menjadi penentu pertama atlet untuk lolos ke PON Papua. Untuk itu, mereka harus tampil maksimal di kejuaraan itu. “Harus bisa lolos limit lebih awal,” kata Budi Syukur saat melepas 13 atlet ini, Selasa (26/3/19).
Atlet yang dikirim ditetapkan berdasarkan hasil kesepakatan pelatih dan pengurus. Artinya, kemampuan atlet yang diturunkan  dianggap sudah bagus. ”Para atlet sudah dalam kondisi siap tanding,” ungkapnya.

Katanya, atlet yang dikirim dalam iven ini, Bakti Ladia Muktar, Yaspi Boby, M Furqon, Rahmat Indra, Rafika Putra, Fauma Defril Jumra, Fajar Hidayat, M Arie Desman, Lusiana Satriani, Shara Kaderina. Atlet yang dikirim ini akan diturunkan pada nomor 4 x 100 mater, 100 meter, 200 meter, 400 meter, 800 meter, 1500 meter, 5000 meter, lompat tinggi, lempar cakram dan dasar lomba. 
"Nomor yang kita turunkan adalah nomor unggulan. Peluang untuk lolos pada nomor ini cukup terbuka lebar, makanya kami untuk tahap awal ini menggirim nomor ini. Pada iven lain kita juga akan kirim yang lebih banyak," terangnya.


Dijelaskannya, bisa ikutnya atleti Sumbar pada Jatim Open ini, selain kerja keras dari para pengurus PASI, juga bantuan dari KONI Sumbar. "Kita sangat bersyukur, semua pihak memberikan dukungan kepada kami. Mudah-mudahan dukungan ini bisa menuai prestasi bagi atlet Sumbar," ungkapnya.
Khusus di cabor atletik, ada beberapa kejuaraan yang akan dijadikan sebagai ajang kualifikasi mengejar limit PON. Jatim Open, Jateng Open, dan Kejurnas di DKI Jakarta, Porwil. ”Jika tidak lolos limit di Jateng Open, para atlet harus bisa menebus kegagalannya pada saat di Jateng Open dan Porwi,” tegasnya.

Di Porwil nanti, pengprov PASI akan memberikan kesempatan bagi atlet muda lainnya untuk turun. Siapa tahu dengan kesempatan itu, semakin banyak atlet Sumbar yang lolos ke PON. ”Atlet muda kita memiliki semangat juang juga untuk bisa tampil di PON. Kita akan fasilitasi,” ujarnya.

Budi berharap, para atlet terus menjaga semangat supaya di Jateng Open nanti tampil maksimal. ”Kita harapkan lebih banyak yang lolos sehingga berpeluang menyumbangkan medali,” kata dia. (Faisal Budiman)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru