09 Nov 2017 | 17:09:18 WIB
Pewarta : wahyu


HASIL VERIFIKASI KPU
Banyak Parpol Ber KTA Ganda di Padang

PADANG (Metrans)

Tak gampang juga kira untuk lolos menjadi partai politik kontestasi Pemilu 2019 mendatang. Salah-salah daftar anggota, bisa jadi menggugurkan partai itu sebagai kontestan. Karena itu KPU Padang melakukan penelitian secara lebih detail terhadap 14 parpol yang mendaftar.

“Ada yang parpolnya memiliki KTA ganda sesama anggota partai bahkan ada yang beda partai. Nah yang seperti ini perlu diverifikasi lagi,” kata Kadiv Hukum KPU Kota Padang, Riki Eka Putra.


Hasil penyortiran yang dilakukan KPU Padang terhadap 14 parpol, maka terdapat setidaknya hampir 1.500 anggota parpol yang memiliki KTA ganda. Karena parpol X  mengirim KTA si A ke KPU, lalu si A rupanya tercatat pula sebagai pemegang KTA parpol Y, oleh parpol Y dikirim pula KPU. “Walhasil ketemu sama-sama di registrasi KPU, inilah yang perlu diverifikasi,” kata Riki.

Kini, sebuah tim khusus yang dibentuk oleh KPU sedang bekerja keras untuk memverifikasi dokumen-dokumen yang diserahkan oleh parpol. Menurur Riki, anggota parpol yang ber KTA ganda itu paling banyak terdapat di Kecamatan Padang Timur, mencapai 351 anggota.

Riki juga menyebutkan bahwa hal yang penting juga jadi perhatian KPU untuk dilakukan crosscheck ke masing-masing parpol yang sudah mendaftar itu adalah adanya pengurus parpol yang nyata-nyata masih tersangkut sebagai PNS aktif, TNI dan Polri. “Ini jelas-jelas tidak dibolehkan,” kata dia.

Menurut rencana KPU, hasil penelitian administrasi ini akan dikembalikan ke masing-masing parpol untuk verifikasi pada pekan ini. Selesai diteliti dan dicocokkan oleh tiap parpol, semua dokumen itu mesti sudah dikembalikan ke KPU dengan tengat 1 Desember mendatang.(why)

Editor :  Eko Yanche Edrie

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2017





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook