Bentrok Antar Desa di Kerinci, Seorang Siswa Menjadi Korban Bacok

Rumah yang terbakar akibat peristiwa bentrok antar warga Desa Pentagen dengan warga Desa Seleman, Senin (30/7).

SUNGAI PENUH (Metrans)

Seorang siswa SLTA, berinisial MN terpaksa menjadi korban bacok dalam kejadian bentrok antar warga Desa Pentagen dengan warga Desa Seleman, Kecamatan Danau Kerinci, Senin (30/7). Bentrok antar warga itu dipicu oleh perkelahian antara siswa SMKN 6 Danau Kerinci dengan siswa MAN 3 Pendung Tanang Genting.

Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 12.15 WIB itu mengakibatkan terjadinya penyerbuan warga pada pukul 14.00 WIB dan berakhir setelah anggota Polisi dari Polres Kerinci datang pada pukul 16.00 WIB. Dari kejadian tersebut, puluhan rumah terbakar dan beberapa unit kenderaan roda dua dan roda empat juga rusak terbakar.


Kapolres Kerinci, AKBP Dwi Mulyanto, Selasa (31/7) membenarkan peristiwa tersebut. Dikatakan, siswa SLTA asal Desa Seleman, Kecamatan Danau Kerinci yang menjadi korban bacok dalam kejadian tersebut mengalami luka robek pada bagian kepala belakang sepanjang 15 sentimeter, luka memar pada bagian lengan sebelah kiri dan memar di punggung sebelah kanan.

Dikatakan, setelah mendapatkan informasi bahwa adanya perkelahian tersebut, anggota Polsek Danau Kerinci dan anggota Sat Intelkam Polres Kerinci langsung menuju tempat kejadian perkara (TKP) untuk melakukan tindakan kepolisian.

Sesampai di TKP, kata dia, didapati masyarakat Seleman telah menyerang Desa Pendung Talang Genting yang berjarak 2 kilometer dari Desa Seleman. Tak hanya itu, mereka juga merusak kendaraan roda dua, melempar rumah warga, serta melakukan pembakaran sepada motor dan rumah warga.

Dijelaskan, kerugian akibat kerusuhan tersebut yakni, 8 petak rumah hangus terbakar, 1 unit pengilangan padi, 2 petak rumah pondok (saung) dan 4 petak rumah penduduk dirusak dan 20 petak lagi terkena lemparan batu. Tak hanya itu, 12 unit kenderaan roda dua dibakar, satu unit kendaraan roda empat juga dibakar, bahkan satu unit dump truck rusak-rusak. 

Lebih lanjut kata dia, tak ada korban jiwa dalam kejadian bentrok antar desa tersebut.

"Massa sudah dapat dikendalikan oleh gabungan Sat Sabhara, Sat Intelkam, dan Polsek Danau Kerinci. Kita juga dibantu anggota TNI yang dipimpin oleh Kasdim 0417 Kerinci," terang Kapolres.

Dari waktu kejadian hingga berita ini diturunkan, personel polres kerinci bersama TNI tengah melakukan upaya pengamanan di TKP yang dipimpin langsung oleh Kapolres Kerinci. (fdl)


Jangan Lewatkan