oleh



BI Sumbar Siapkan Rp4,6 Triliun untuk Penukaran Uang Pecahan Kecil

PADANG (Metrans)

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Sumatera Barat menyiapkan modal kerja sebesar Rp4,6 triliun untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang pecahan kecil selama Ramadhan dan Lebaran 1440 H. Jumlah modal kerja ini meningkat 8% dibandingkan modal kerja 1439 H.

"Kita menyiapkan modal kerja sebesar Rp4,6 triliun untuk penukaran uang kecil selama Ramadan tahun ini. Kita bersinergi meningkatkan jumlah lokasi layanan penukaran di beberapa kabupaten/kota di Sumbar. Dalam rangka memenuhi kebutuhan uang pecahan kecil di masyarakat, BI Sumbar menggandeng perbankan untuk melaksanakan layanan penukaran uang pecahan kecil di luar kantor melalui kegiatan kas keliling," kata Kepala Perwakilan BI Sumbar, Wahyu Purnama di Padang, Kamis (16/5).


Lebih lanjut kata dia, sebanyak 19 lokasi layanan kas keliling tersebar di 7 lokasi di wilayah Padang dan 12 lokasi di kabupaten/kota di Sumbar itu sudah mulai digelar pada tanggal 7 hingga 29 Mei 2019 pukul 08.30 sampai pukul 12.00 WIB.

"Jumlah lokasi kas keliling selama Ramadhan 1440 H ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan layanan kas keliling 1439 H yang hanya tersebar di 5 lokasi mencakup Kota Padang dan beberapa kabupaten/kota. Masifnya kegiatan layanan penukaran kali ini merupakan bentuk sinergi dan kerjasama BI dengan perbankan di Sumbar," kata dia.

Selain melibatkan perbankan, BI Sumbar juga menerapkan mekanisme atau tata cara penukaran melalui layanan kas keliling. Hal ini guna memastikan kelancaran dan kenyamanan masyarakat yang hendak melakukan penukaran melalui layanan kas keliling

"Adapun mekanisme tersebut yakni, masyarakat perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut; Layanan penukaran hanya melayani penukaran dari pecahan besar ke pecahan kecil. Oleh karena itu, pecahan yang diterima adalah Rp100 ribu dan Rp50 ribu. Kemudian uang pecahan kecil yang disediakan untuk penukaran adalah Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5 ribu dan Rp2ribu," tambahnya.

Ia juga mengimbau, bagi masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang pecahan besar, agar dirapikan dan disusun sesuai urutan pecahan, serta memperhatikan kemanan saat menuju atau meninggalkan lokasi kegiatan penukaran.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan penukaran melalui jasa perorangan, karena berisiko kemungkinan diselipkan uang palsu, jumlah lembar tidak sesuai dan adanya biaya tambahan sebagai biaya jasa. 

"Tambahan biaya jasa ini mengandung unsur riba karena pada prinsipnya uang yang ditukar nilainya haruslah sama. Tukarlah uang di bank atau sarana kas keliling Bank Indonesia karena lebih aman, uang dijamin asli, jumlahnya sesuai dan gratis tanpa dipungut biaya," katanya mengakhiri. (Raihan)


Jadwal layanan kas keliling selama bulan Ramadan pada pukul 08.30 hingga 12.00 WIB:

1. 7 Mei 2019 di Pasar Siteba
2. 9 Mei 2019 di Pasar Lubuk Buaya
3. 11 Mei 2019 di Pelataran parkir BRI Sijunjung, Gedung GPK Sawahlunto, Pelataran parkir BRI Pulau Punjung, Pelataran parkir BRI Sungai Rumbai
4. 14 Mei 2019 di Pasar Gaung
5. 16 Mei 2019 di Masjid Baitul Makmur Belimbing
6. 18 Mei 2019 di Pelataran parkir Balaikota Pariaman, Pelataran parkir Kantor Bupati Pasaman Barat, Pelataran parkir Kantor Bupati Pesisir Selatan, Area halaman penginapan Bagus Tapan
7. 21 Mei 2019 di Kampus UPI Lubuk Begalung
8. 23 Mei 2019 di Kampus BRI Pasar Baru
9. 25 Mei 2019 di Taman Kota Padang Panjang, Lapangan Cindua Mato Batusangkar, Lapangan Kantin Bukittinggi, Pelataran parkir Kantor Bupati lama Payakumbuh
10. 27-29 Mei 2019 di Masjid Raya Sumbar.


Tag:

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru