Bupati Mentawai Ajak Warganya Wujudkan Ukhuwah Kementawaian

9-7-2018

Mentawai, (Metrans)-Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet mengajak jajarannya untuk menjadikan Halal bi Halal sebagai wujud adanya Ukhuwah Kementawaian.

"Mari dengan halal bi halal ini kita jalin Ukhuwah ke Mentawaian kita, agar kita yang beragam ini tetap damai dan penuh kekompakkan sebagai modal dalam membangun Mentawai ke depan," ujar Yudas pada sambutan acara Halal bi Halal Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan DPRD, Forkopimda, instansi vertikal, pers, tokoh agama dan tokoh masyarakat di halaman kantor bupati  di Tuapejat, Senin (9/7/2018).

Menurut Yudas, dengan adanya  kekompakkan di antara keberagaman, maka akan muncul persatuan sebagai  energi yang baru untuk membangun Mentawai dengan prestasi.


"Kebersamaan merupakan modal sosial yang lebih dahsyat nilainya daripada modal fisik. Maka dalam kontek kebersamaan kita untuk membangun Mentawai, hal ini harus kita jaga bersama," kata Yudas. 

Menurut Yudas, daerah yang dipimpinnya saat ini sudah sangat terbuka kepada siapa saja untuk bersama dalam mewujudkan perubahan. Namun demikian, adanya keterbukaan itu juga harus diiringi dengan adanya pagar sebagai filter untuk menjaga dari hal-hal negatif.

"Mentawai sudah terbuka, tapi kita juga harus punya filter atau pagar. Saya minta di dusun, desa, kecamatan, kabupaten atau setiap diri kita sendiri harus punya pagar supaya tidak masuk hal-hal yang negatif. Namun juga harus diingat, jangan sampai pagar yang kita bangun itu justru memakan tanaman kita sendiri,' kata Yudas.

Yudas juga mengajak, moment halal bi halal yang diadakan oleh Pemkab Mentawai ini dapat dijadikan ajang silaturahmi antar seluruh ASN tanpa harus memandang perbedaan apa pun.

"Halal bi halal ini bukan milik kelompok si A, si B, atau si C, tapi halal bi halal ini adalah ajang silaturahmi untuk saling memaafkan yang  diadakan oleh Pemkab Mentawai dan tidak berpihak ke mana-mana," tegas Yudas.

Agenda halal bihalal yang digelar Pemkab Mentawai di pelataran kantor  Bupati di Tuapejat KM. 4 Sipora Utara itu berlangsung cukup meriah. Hadir antara lain para pimpinan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten Mentawai, para anggota DPRD Mentawai, Sekda Mentawai Syaiful Djanah, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Mentawai, Komisioner KPU Mentawai, pimpinan lembaga swadaya masyarakat (LSM), para tokoh masyarakat dan ratusan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Mentawai.

Acara juga diisi siraman rohani oleh ustad Salam dari Ponpes Hidayatullah yang memberikan pencerahan tentang keseimbangan hubungan manusia dengan Allah, hablumminallah,  dan hubungan manusia dengan sesama manusia  hablumminannas.(can)


Jangan Lewatkan