oleh

GANTIKAN MARTIN JOFARI

Demokrat Tunjuk Afdhal Yandi sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Solok

SOLOK (Metrans)

Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Demokrat akhirnya menunjuk Afdhal Yandi menggantikan Martin Jofari yang meninggal dunia pada Minggu 12 Maret 2017 lalu sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Solok, sementara pengganti Martin sebagai Anggota DPRD Kota Solok, dipercayakan kepada Deni Nofri alias Pudung, yang meraih suara terbanyak kedua, setelah Martin Jofari di Dapil I Lubuk Sikarah, Kota Solok.

Hal itu ditegaskan Ketua DPC Partai Demokrat Kota Solok, Irzal Ilyas Dt Lawik Basa di Solok, Selasa (18/7).


Menurut Irzal, penggantian unsur pimpinan dan PAW di DPRD Kota Solok dari Partai Demokrat tersebut, sudah sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Bahkan, mantan Walikota Solok periode 2010-2015 itu menegaskan kedua surat keputusan (SK) tersebut, dijemput langsung ke DPP Partai Demokrat. Kedua surat tersebut ditandatangani langsung oleh Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Sekjen Hinca Panjaitan.

“SK dari DPP Partai Demokrat kita jemput langsung ke Jakarta. Isinya, menegaskan bahwa Afdhal Yandi ditunjuk sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Solok dari Partai Demokrat dan Deni Nofri sebagai PAW. Kemarin, SK dari Gubernur Sumbar sudah diterbitkan dan dikirim ke Pemko Solok dan DPRD Kota Solok. Sekarang, tinggal pembahasan di Badan Musyawarah (Bamus) DPRD. Kita harapkan Bamus DPRD segera menggelar rapat dan menetapkan SK tersebut,” ujarnya.

Irzal Ilyas juga mengatakan, DPC Partai Demokrat sebelumnya telah menempuh mekanisme yang cukup melelahkan. Baik di tingkat DPC, DPD Sumbar, hingga ke DPP. Dimulai dengan menggelar rapat pleno mengenai siapa yang akan diberi amanah menduduki jabatan Wakil Ketua DPRD Kota Solok yang ditinggal Martin Jofari. Dalam rapat pleno yang berlangsung alot itu juga dibahas mengenai PAW.

“Dalam menunjuk siapa yang akan menduduki jabatan Wakil Ketua DPRD Kota Solok dan PAW itu, kader-kader Partai Demokrat Kota Solok menyepakati beberapa pertimbangan. Pertimbangan itu di antaranya jabatan dalam partai, loyalitas pada partai, jabatan di DPRD Kota Solok, pendidikan, pengalaman organisasi, integritas kepribadian dan umur. Dari segala pertimbangan tersebut, akhirnya keluar lah dua nama tersebut,” ujarnya.

Hasil keputusan itu lalu diusulkan ke DPD Partai Demokrat Sumbar dan dilanjutkan ke DPP Partai Demokrat di Jakarta. “Ternyata DPD dan DPP sejalan dengan apa yang diusulkan DPC. Dan DPP Partai Demokrat mengeluarkan Surat Keputusan pada hari Senin (11/7) lalu. Sekarang SK itu sudah sampai di DPRD Kota Solok,” kata Irzal Ilyas.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Kota Solok, Nasyaruddin SH mengatakan, SK dari DPP Partai Demokrat itu sudah sampai di DPRD dan dalam waktu dekat Bamus akan membahas jadwal PAW dan pengisian jabatan jabatan Wakil Ketua DPRD yang lowong.

“Besar kemungkinan jadawal PAW yang dibahas terlebih dahulu. Baru setelah itu, pengisian jabatan Wakil Ketua DPRD,” kata Nasyaruddin.

Khusus bagi Deni Nofri, penunjukannya sebagai PAW didasarkan pada perolehan suara pada Pileg 2014 lalu. Saat itu, Pudung berhasil meraih 386 suara dan menjadi peraih suara tertinggi kedua setelah Martin Jofari yang meraih 404 suara. Suara terbanyak ketiga diraih Hero Warman 316 suara dan terbanyak keempat diraih Djasmir Ilyas 277 suara. (rzl)


Editor :  Raihan Al Karim

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru