oleh



Dibagi 4 Grup, Liga 3 Sumbar Ditabuh 2 Juli

PADANG (Metrans)
Panitia penyelenggara Liga 3 Sumbar telah menggelar drawing di Kantor DPRD Sumbar, Kamis (28/6). Sesuai hasil kesepakatan peserta Liga 3 yang berjumlah 19 tim, kompetisi ini akan ditabuh 2 Juli di empat daerah.

Empat daerah yang menjadi tuan rumah pelaksanaan Liga 3 ini, Batang Anai FC, PSKA Agam, Gasliko Limapuluh Kota dan Persiju Sijunjung.

"Rencana awak Liga 3 Sumbar ini kami tabuh 30 Juni, namun karena permintaan peserta terutama tuan rumah dalam melakukan persiapan, maka diputuskan Liga 3 ini kami tabuh 2 Juli," ujar Panitia Liga 3 Sumbar, Yulius Dede usai melaksaan Drawing di Kantir DPRD Sumbar, Kamis (28/6).


Katanya, 19 tim yang ambil bagian dalam Liga 3 tahun ini di bagi dalam 4 grup, di mana Grup A yang digelar di Batang Anai, di isi oleh tuan rumah Batang Anai FC, Piaman FC, Pespessel dan Persepak Payakumbuh. Grup B yang digelar di Stadion Singo Harau akan bersaing Gasliko Limapuluh Kota, Taruna Mandiri Padang, PSKPS Pasaman, PSKB Bukittinggi dan PSBS Bastusangkar.

Di grup C yang akan digelar di Agam, akan bersaing, PSKA Agam, Limkos Padang Pariaman, Solok FC, PSP Padang dan PS Pasbar. Sedangkan di grup D akan digelar di Sijunjung, di mana di grup ini akan bersaing Persiju Sijunjung, Persikopa Kota Pariaman, PS Gas Swahlunto dan GMR FC Tanah Datar. 


“Juara dan runner up akan lolos ke babak 8 besar. Di mana lokasi babak 8 besar akan diputuskan oleh panitia, bisa tempat netral atau nantinya ada tim yang mengajukan diri sebagai tuan rumah,” katanya.

Kata Yulius Dede, pelaksanaan Liga 3 2018 Wilayah Sumbar mempunyai persiapan lebih matang dari pada pelaksanaan tahun sebelumnya. Diikuti oleh 19 tim Sumbar, menurutnya, pelaksanaan Liga 3 tahun ini tidak akan banyak mendapatkan protes dari tim peserta, terutama tentang pemain.

"Semua pemain yang bisa berlaga di liga 3 kali ini sudah melalui proses screening (penyaringan) sesuai dengan regulasi yang  telah ditetapkan oleh pusat," kata Yulius Dede.

Ia mengatakan, pemain yang bisa ikut maksimal kelahiran 1 Januari 1996 dan dibolehkan membawa 3 orang pemain senior.
 
Dalam Liga 3 ini, panitia kata Dede, akan menurunkan 120 orang wasit yang terdiri dari berbagai lisensi seperti lisensi nasional, C2 bahkan berlisensi FIFA.

"Selain itu ada 16 orang pengawas pertandingan. Untuk inspektur wasit sebanyak 6 orang dan panitia disiplin sebanyak 7 orang," kata Dede.

Untuk menjaga keamanan, Dede mengatakan, panitia dan tuan rumah sudah melakukan perjanjian. Setiap tuan rumah harus menjamin keamanan pemain, perangkat pertandingan dan penonton.

"Pelaksanaan pertandingan juga harus memiliki izin keramaian dari kepolisian. Serta tuan rumah juga harus menyediakan tim kesehatan," ujarnya.
 (can)


Editor :  Faisal Budiman

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru