Diduga Rem Blong, Truk Batu Bara Hantam Minibus dan Tiga Sepeda Motor

Foto: dok Unit Laka Lantas.

PADANG (Metrans)

Truk pengangkut batu bara dengan nomor polisi BA 9116 JU menghantam sejumlah kendaraan di kawasan Panorama I, Jalan Padang-Solok, Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan (Luki) Kota Padang, Kamis (5/12) sekira pukul 20.15 WIB. Diduga penyebab kecelakaan itu akibat rem truk tersebut blong.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun beberapa sopir dan penumpang pada kendaraan yang terlibat mengalami luka-luka. Tabrakan beruntun melibatkan satu kendaraan roda empat dan tiga sepeda motor milik PJKR yang sedang parkir di pinggir jalan itu.


Kasat Lantas Polresta Padang, Kompol Asril Prasetya melalui Kanit Laka, Iptu Efriadi mengatakan, kecelakaan berawal saat truk tersebut datang dari arah Solok menuju Padang. Setiba di Tempat Kejadian Perkara (TKP), truk bermuatan itu hilang kendali, sehingga menghantam sebuah minibus jenis Avanza yang datang dari arah berlawanan.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun sopir truk dan sopir serta penumpang mobil minibus mengalami luka-luka dan dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan," ujar Iptu Efriadi, Jumat (6/12).

Ia mengatakan, setelah menabrak minibus dan tiga unit motor milik PJKR, truk kemudian menabrak pembatas jalan dan akhirnya terguling. Berdasarkan penyelidikan di TKP, sopir truk atas nama Afri Wiyalis (42) mengalami luka bengkak pada bagian wajah dan pinggangnya mengalami lecet.

"Sopir truk merupakan warga Dusun Sipang Desa Tumpuk Tangah Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto dilarikan ke Klinik Semen Padang. Sedangkan dua penumpang minibus dilarikan ke RSUD Solok," sambung Efriadi.

Efriadi membeberkan, dua orang penumpang minibus yakni Dahlia Susanti (29) serta anaknya Aisyah Rahmadhani yang masih berusia 7 bulan merupakan satu keluarga asal Pinti Kayu Gadang, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Kabupaten Solok Selatan.

Sementara diketahui, kendaraan yang terlibat laka tersebut langsung diamankan ke Unit Laka Lantas Polresta Padang. Sementara itu truk untuk saat ini masih berada di lokasi menunggu alat derek untuk mengeluarkan truk tersebut.

Kendaraan yang terlibat kecelakaan adalah truk BA 9116 JU yang diduga mengalami hilang kendali menabrak minibus BA 1928 WZ serta tiga sepeda motor yaitu BA 5217 AX, BA 3630 BC, dan BA 2978 QU.

Sepeda motor yang tertabrak mengalami kerusakan, dimana dua sepeda motor mengalami rusak berat dan satu rusak sedang, sedangkan mobil minibus Avanza mengalami rusak pada bagian sisi kirinya dan langsung dibawa ke Unit Laka Lantas Polresta Padang. Namun untuk truk masih berada di lokasi kejadian, karena perlu alat berat untuk mengangkatnya.

[Buliza Rahmat]


Jangan Lewatkan