oleh



Dilepas Menteri Pariwisata, Ribuan Pelari Antusias Ikuti BRI Mandeh Run 2019

PAINAN (Metrans)

Menteri Pariwisata, Arief Yahya melepas secara langsung iven BRI Run Mandeh 2019, yang diikuti sedikitnya 2 ribu peserta dari Warga Negara Asing (WNA) dan Warga Negara Indonesia (WNI) dalam tiga kategori lomba marathon kelas 5K, 10K, dan 21K, di Sungai Nyalo Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Minggu (3/3).

Pada kegiatan itu turut hadir Komisaris Utama Bank BRI Andrinof Chaniago, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal, Bupati Pesisir Selatan Hendra Joni, serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masyarakat.


Menteri Pariwisata, Arif Yahya dalam sambutanya mengatakan, lomba lari marathon berskala internasional ini merupakan iven pertama di kawasan objek wisata Mandeh. Ia mengatakan, pihaknya akan mengangkat dan mempromosikan objek wisata Mandeh sehingga menjadi destinasi utama di dunia. 

Dikatakan, untuk menjadikan Mandeh setara destinasi kelas dunia, wilayah itu harus menerapkan rumus 3A (aksesibilitas, atraksi, amenitas). Dari sisi akses, infrastruktur jalan sepanjang 43 kilometer dari Kota Padang sudah tersambung mulus dengan waktu tempuh hanya 2 jam perjalanan darat.

“Saya masih ingat betul Presiden Joko Widodo pada 10 Oktober 2015, melakukan ground breaking di Puncak Paku untuk pembangunan infrastruktur jalan di Mandeh, hal itu menjadi modal awal untuk pengembangan pariwisata,” ungkapnya.

Arief pun berharap kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk meresmikan jalan destinasi wisata Mandeh tersebut, dan meminta agar Bank BRI bersedia untuk menjadi tuan rumah lagi pada tahun depan.

Kemudian, untuk amenitasnya sendiri, kata Arief, dalam waktu dekat di Mandeh akan dibangun kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata. KEK telah disetujui untuk dibangun di Bukit Ameh seluas 400 hektar.

“Setelah ditetapkan menjadi KEK, diharapkan pariwisata di Mandeh berkontribusi sebagai penyumbang jumlah wisatawan bagi Sumatera Barat,” pungkasnya.

Sementara itu, Komisaris Utama Bank BRI Andrinof Chaniago mengapresiasi seluruh pihak yang telah mendukung keberhasilan iven tersebut. Sebagai inisiator BRI Mandeh Run, sejak awal dirinya optimis bahwa iven tersebut akan sukses. Apalagi iven ini mendapat dukungan langsung dari seluruh pemangku kepentingan terkait termasuk Kementerian Pariwisata.

"Ini adalah suatu pekerjaan yang nekad. Biasanya kalau negara lain mengadakan event internasional, persiapannya bisa satu tahun. Kita hanya 1,5 bulan. Kerja keras dan dukungan seluruh stakeholder membuat event ini sukses besar. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta, serta penuhnya penginapan dan homestay di Mandeh, Pesisir Selatan," pungkasnya.

BRI Mandeh Run berlangsung sukses dan meriah. 2000 pelari termasuk 48 pelari internasional berasal dari Singapura, Brunei Darussalam, Perancis, Nigeria dan Belanda berhasil mencapai finish dan takjub dengan suguhan pemandangan Mandeh yang sangat elok dan indah.

Lebih lanjut kata dia, iven Sport Tourism Internasional pertama di Mandeh ini diharapkan menjadi iven tahunan yang dapat menarik wisatawan ke Sumbar. Sport tourism memiliki media value atau media branding yang tinggi. Media value yang didapat minimal bisa 2 kali lipat dari direct impact turis yang datang, karena dipromosikan oleh media nasional dan internasional sebelum, sesaat, dan sesudah acara. Hal ini tentu akan berdampak positif bagi pariwisata Sumbar.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno sangat mengapresiasi Bank BRI dan seluruh masyarakat dalam membangun Mandeh secara bersama. Dikatakan, untuk mewujudkan Mandeh menjadi wisata Bahari Nasional tentu tidak terlepas dari kepedulian semua pihak.

"Maka dari itu saya mengajak untuk selalu menjaga kekompakan, menjaga kebersihan dan melayani pengunjung dengan sebaik-baiknya," ajak Irwan.

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih banyak kepada Menteri Pariwisata, Arief Yahya yang berkenan hadir, dan Direktur BRI yang telah menetapkan Mandeh sebagai destinasi Run Mandeh tahun 2019. Menurutnya, dengan adanya iven ini masyarakat akan dapat merasakan efeknya terutama bagi pariwisata di Pesisir Selatan.

"Saya berharap nanti iven ini akan kita jadikan sebagai iven tahunan sehingga ekonomi masyarakat meningkat, dan kalau ada sponsor yang lain kami siap mendukung," timpalnya. (mil)


Tag:

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru