oleh



Dinilai Sukses Turunkan Tingkat Kehilangan Air, PDAM Padang Diapresiasi

PADANG (Metrans)

PDAM Kota Padang bekerjasama dengan PT Pasti Makmur menggelar training nasional bertajuk Water Technology X di Ibis Hotel Padang, 24 hingga 26 September 2018. Kegiatan ini dilaksanakan mengingat PDAM yang terus komit untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia.

Kegiatan yang diikuti oleh 25 peserta yang merupakan utusan PDAM se-Sumatera itu dibuka langsung oleh Pjs Dirut PDAM Kota Padang, Edwar.


Presdir PT Pasti Makmur, Roy Rinaldi memaparkan, training Water Technology X merupakan training nasional bidang teknologi air minum yang di seri-seri sebelumnya dilaksanakan di Pulau Jawa seperti PDAM Kota Malang, Kota Bandung, dan terakhir di Balik Papan untuk wilayah Kalimantan.

Menurut dia, dipilihnya Kota Padang, karena PDAM Kota Padang cukup sukses melaksanakan penurunan tingkat kehilangan air (non revenue water/nrw).

"PDAM Kota Padang cukup berhasil dalam mengaplikasi water technology khususunya dalam menurunkan NRW. Apalagi pascagempa 2009, PDAM Kota padang berhasil bangkit dan menurunkan kehilangan air hingga NRW-nya saat ini 25 sampai 26 persen. Padahal rata-rata nasional NRW PDAM masih di atas 40 persen," kata dia, Selasa (25/9).

Selain teknologi, kata dia, PDAM Kota Padang cukup berhasil meningkatkan kualitas SDM, terbukti cukup banyak instruktur nasional bidang teknologi air minum di PDAM Kota Padang.

Dengan tema training "Pressure Management & Monitoring System To Reduce NRW", dalam sambutannya Pjs Dirut PDAM Kota Padang, Edwar mengucapan terima kasih atas dipercayanya PDAM Kota Padang sebagai mitra dalam training nasional bidang penurunan NRW. 

Diketahui, NRW atau tingkat kehilangan air masih merupakan momok bagi PDAM. Selain masalah kehilangan dari sisi teknis yakni kebocoran fisik, juga kehilangan dari sisi non teknis atau administrasi, seperti pencurian air atau ilegal koneksian, kerusakan water meter atau pembacaan water meter yang tidak akurat, dan lainnya.

Dikatakan, PDAM Kota Padang sendiri selama ini cukup berhasil menurunkan kehilangan air, salah cara yakni dengan teknologi distrik meter area (dma) dan manajemen tekanan air, swipping, mencari kebocoran serta terus meningkatkan teknologi akurasi sistem digital baca meter air pelanggan. 

"Salah satu mitra training dan penerapan teknologi penurunan NRW yakni PT Pasti makmur. Selain itu, PDAM Kota Padang juga salah satu mitra Kementerian PUPR dalam training penurunan NRW PDAM," katanya. (rel/han)


Tag:

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru