oleh

DITAMBAH BAZNAS RP150 JUTA

Donasi Sumbar Peduli Rohingya Sudah Capai Rp750 Juta

PADANG (Metrans)

Jumlah sumbangan untuk membantu etnis Rohingya Myanmar yang dikumpulkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar melalui donasi Sumbar Peduli Rohingya sudah mencapai angka sekitar Rp750 juta menyusul diserahkannya bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumbar Rp150 juta yang diterima Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, Kamis (28/9) di Padang.

"Sumbangan ini merupakan kepedulian Baznas atas penderitaan etnis rohingya yang saat ini tidak hanya tertindas secara fisik namun juga kehilangan harta benda.  Untuk itu dengan sumbangan ini dapat meringankan beban masyarakat rohingya. Baznas Sumbar memberikan bantuan sekitar Rp150 juta. Dimana, bantuan itu diserahkan kepada Wagub. Sehingga nanti akan diserahkan langsung kepada masyarakat Rohingya bersamaan dengan bantuan yang telah dikumpulkan Pemprov Sumbar melalui rekening Sumbar Peduli Rohingya," ujar Ketua Baznas Sumbar, Syamsul Bahri Khatib usai menyerahkan bantuan tersebut.


Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengapresiasi bantuan yang diserahkan baznas Sumbar ini. Bahkan, sumbangan yang diberikan Baznas tersebut turut menambah donasi yang saat ini terkumpul untuk muslim Rohingya.

"Adanya sumbangan dari Baznas sebanyak Rp150 juta itu, menambah jumlah donasi Sumbar Peduli Rohingya, dimana saat ini jumlah yang terkumpulkan sekitar Rp750 juta. Kita berharap ada penambahan sumbangan dari donatur. Dikarenakan target terkumpul Rp1 miliar.  Jadi untuk berapa hari ke depan sebelum diserahkan kita berharap masih ada sumbagan yang terkumpul sehingga target Rp1 miliar dapat tercapai," tuturnya.

Menurut sumbangan yang terkumpul dari donasi Sumbar Peduli Rohingya Pemprov Sumbar tersebut akan diserahkan pada awal bulan Oktober mendatang. "Akan kita serahkan donasi yang terkumpul itu awal bulan Oktober melalui tim yang ditunjuk Pemerintah  di bidang sosial dan kemanusiaan dalam melakukan penyaluran bantuan untuk muslim Rohingya di Myanmar," ujarnya.

Pemprov Sumbar telah membuka donasi bantuan dana melalui rekening Sumbar Peduli Rohingya di Bank Nagari nomor rekening 2101.0210.05697-2. Bagi masyarakat yang ingin membantu dipersilahkan mengirim ke rekening tersebut.

Nasrul Abit menyebutkan kejadian yang menimpa etnis muslim Rohingya merupakan pelanggaran terhadap nilai-nilai kemanusiaan. Penanganannya tidak hanya dengan kecaman semata, tetapi harus dengan aksi nyata. Bahkan, Presiden juga telah menyatakan hal yang sama dengan melakukan aksi nyata.

"Kita tidak boleh mengecam. Sudah saatnya kita bergerak. Mari kita bantu saudara kita tersebut dengan meringankan penderitaannya melalui aksi ini. Donasi ini kita kumpulkan dan setelah itu kita kirimkan sehingga bisa membantu penderitaan mereka," ujarnya.

Nasrul Abit mengatakan tidak hanya mengirim bantuan donasi, pihaknya juga mengimbau seluruh masyarakat Sumbar untuk mengirimkan doa bagi masyarakat Rohingya yang saat ini menderita karena konflik yang belum berakhir ini.

"Mari kita berdoa supaya konfliknya segera berakhir. Kita sedih dengan kondisi saudara kita tersebut. Konflik membuat mereka menderita dan harus mengungsi. Mudah-mudahan segera berakhir," harap Nasrul Abit. (pep)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru