oleh

BANJIR BANDANG LANDA KINARI

Dua Warga Tewas, 3 Ton Gabah Hanyut

KINARI (Metrans)
Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah kabupaten Solok kemarin, mengakibatkan terjadinya banjir bandang di wilayah kecamatan Bukit Sundi.

Informasi sementara yang dihimpun Metrans, sejauh ini dua orang warga dilaporkan meninggal dunia,sejumlah warga dirawat, ratusan rumah rusak dan 3 ton gabah siap panen hanyut.

Keterangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok, banjir bandang mulai merambah rumah warga sekitar pukul 21. 00 WIB namun karena hujan yang tak kunjung berhenti membuat banjir bandang semakin meluas hingga menghantam beberapa nagari lainnya di kecamatan tersebut.


Dari data petugas Tagana di lokasi, korban meninggal dua orang, sebanyak 3.267 jiwa terdampak banjir, tujuh  orang dirawat di Puskesmas, bangunan rumah rusak sebanyak 421, tiga bangunan sekolah rusak, dua mesjid juga rusak, serta satu pondok pesantren.

Sedangkan sawah yang rusak sebanyak 322 hektar, sejumlah ternak hanyut, enam unit mobil hanyut, dan 20 unit sepeda motor juga hanyut, serta lebih kurang tiga ton gabah siap jual juga dilaporkan hanyut dari tiga nagari yang terdampak di kecamatan itu.

Kepala BPBD Kabupaten Solok, Dasril yang dihubungi via seluler menyebutkan, hingga saat ini petugas BPBD di bantu oleh petugas Tagana dan lembaga sosial lainnya terus berjaga di lokasi melakukan pertolongan darurat kepada warga masyarakat yang terdampak pasaca kejadian.

"Untuk saat ini petugas gabungan masih berjaga dan memberikan bantuan bagi masyarakat," kata Dasril.

Terkait dengan jumlah kerugian, hingga saat ini petugas BPBD masih melakukan penghitungan kerugian dan melakukan pendataan kepada masyarakat yang membutuhkan. Dari hitungan sementara, kerugian ditaksir mencapai milyaran rupiah. (ad)


 

 


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru