oleh



Dusun Sako Tangah dan Sako Mudik Akhirnya Dialiri Listrik

KERINCI (Metrans)

Dusun Sako Tangah dan Sako Mudik, Desa Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci dilistriki oleh PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar pada Kamis (20/12).

Gelaran acara “Peresmian Listrik Desa” berlangsung di Desa Tamiai, dihadiri Asisten II Kabupaten Kerinci, Bambang Hariyadi, Anggota Komisi I DPRD Kerinci Jendril, Camat Batang Merangi Bapak Heri Cipta, Kepala Dusun Sako Tangah Bapak Andi Putra Santoni, Kepala Dusun Sako Mudik Bapak Defri Kusnadi, Kepala Desa Tamiai Bapak Sastri, serta calon pelanggan premium PLN yakni Pemilik Hotel Arafah H. Herman.


Dari PLN sendiri turut hadir Senior Manager Distribusi PLN UIW Sumbar Arief Pramudya, Manager UP3 Padang Paris El Hakim, Manager ULP Sungai Penuh serta jajaran manajemen lain di lingkungan PLN UP3 Padang.

Pada kesempatan tersebut Arief Pramudya menyampaikan bahwa pasokan listrik di Sumbar saat ini sangat cukup dan andal.

"Sungguh menjadi kebahagiaan bagi kami dapat melistriki seluruh masyarakat hingga ke pelosok. Kami ingin masyarakat merdeka, dapat dengan bebas menikmati aliran listrik yang disediakan PLN, seperti yang hari ini kita rasakan saat ini dalam acara peresmian listrik desa di Dusun Sako Tangah dan Sako Mudiah, Desa Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci," tutur Arief.

Arief juga menginformasikan bahwa listrik Desa Tamiai ini memiliki panjang jaringan TM 3,4 KMS, TR 4,05 KMS dan dua buah unit trafo sebesar 50 kVA.

"Saat ini jumlah rumah yang sudah teraliri ada 71 KK dari total 150 kk. Dengan rincian sebelas pelanggan R1T (Rumah Tangga Subsidi), 57 pelanggan R1MT (Rumah Tangga nonsubsidi), dan tiga pelanggan Sosial. Nilai investasi yang dikeluarkan PLN untuk pekerjaan listrik desa ini adalah senilai Rp1,3 miliaar rupiah," tutur Arif.

Bambang Hariyadi, Asisten II Kabupaten Kerinci menyampaikan, juga menyampaikan rasa haru dan syukurnya atas peresmian listrik desa di daerahnya.

"Terima kasih PLN. Kami paham bahwa tidak mudah memang merealisasikan program listrik desa dimanapun. Banyak sekali hambatan dan rintangan dalam upaya PLN menerangi negeri. Namun apapun tantangannya kami melihat petugas PLN bertindak dan maksimal dalam memberikan layanan kelistrikan ke seluruh masyarakat. Namun demikian kami berharap gangguan kelistrikan dapat segera teratasi dan saya ingin agar masyarakat dapat menjaga aset PLN sehingga tidak terjadi lagi gangguan akibat ulah oknum tidak bertanggung jawab seperti yang pernah terjadi sebelumnya," kata Bambang.

Tidak hanya meresmikan Lisdes, dalam kesempatan ini PLN UIW Sumbar juga menyambut pelanggan premium baru PLN melalui sebuah penandatangan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) antara PLN UP3 Padang dan Hotel Arafah.

Dengan demikian pelanggan Premium PLN semakin meningkat yang artinya semakin tinggi kepercayaan pelanggan terhadap PLN.

Selain itu dalam kesempatan tersebut PLN UIW Sumbar juga menyerahkan bantuan Lazis PLN berupa 50 paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan. Serta bantuan dana modal usaha dengan nilai sebesar Rp27 juta dan Lazis PLN untuk siswa dari PLN UP3 Padang sebesar Rp18.750.000,-.

PLN berharap dengan masuknya listrik dan adanya bantuan kepada masyarakat dusun dapat menjadi penggerak kegiatan ekonomi masyarakat dan lebih jauh, diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. (*)

 


Editor :  Sisca Oktri Santi

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru