oleh

BERKAH OSN 2018

Empat Hari Saja, Pedagang Baju Kaos Raih Omset Rp17 Juta

PADANG (Metrans)

Perhelatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) XVII 2018 di Padang Sumatera Barat, yang berlangsung dari 2 hingga 6 Juli 2018 membawa berkah, terutama bagi pedagang souvenir khas OSN 2018 yang datang dari berbagai daerah.

Firman (25), seorang pedagang kaos, mengaku selama empat hari dari pembukaan OSN bisa mengantongi omset Rp17 juta. Pria asal bandung ini jauh-jauh datang dari Bandung hanya untuk jualan kaos khas OSN 2018 di Kota Padang.


Ia menuturkan, ia datang ke Padang bersama empat rekan seprofesinya. Beragam bentuk, ukuran, warna, dan desain kaos khusus OSN 2018 ini semuanya diproduksi di Bandung Jawa Barat. Harganya kaos berlengan pendek Rp50 ribu, dan berlengan panjang hanya Rp60 ribu.

“Dari awal pembukaan sampai sekarang omset kita baru Rp17 juta, tapi untuk hari penutupan ini belum dihitung. Kemungkinan bisa tembus Rp7 juta ke atas, sebab target kita selama OSN Rp40 juta,” ujar Firman yang mengaku sudah jualan kaos di berbagai iven nasional ini.

Begitu pula pedagang souvenir, Aldi (45) bisa meraih untung hingga Rp3 juta per harinya. Pedagang dari Padang Panjang ini menjajakan beragam khas OSN 2018, seperti gantungan kunci, pena, medali, dan plakat dengan harga relatif terjangkau.

“Harga gantungan kunci dan pena Rp5 ribu, kalau plakat Rp100 ribu. Semuanya ini buatan sendiri, sebab kalau jual produk orang lain untungnya tipis,” ungkap Aldi di pelataran Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Jumat (6/7/2018).

Hal serupa juga dilakoni Yulham (56), yang jauh-jauh datang dari Jakarta ke Padang untuk jualan souvenir OSN 2018. Beragam bentuk dan motif pena, gantungan kunci, gelang, dan plakat yang ia jual ini omsetnya bisa mencapai Rp5 juta per harinya.

Pria asal Solok ini mengaku selalu hadir di setiap iven-iven nasional untuk berjualan souvenir, dari Sabang hingga Merauke. Ia mengatakan, barang-barang souvenir ini diproduksi bersama rekannya di Jakarta untuk dijual di berbagai iven-iven ternama.

“Kita datang ke Padang khusus jualan ini, sebab kami pemburu iven-iven nasional di seluruh provinsi. Dagangan kami di OSN ini termasuk paling laris, hari pembukaan kemarin untungnya sekira Rp2,5 juta, kalau hari penutupan ini bisa Rp5 juta lebih,” sebut spesialis souvenir ini di sela-sela malayani pembeli. (why)


Tag:

Editor :  Raihan Al Karim

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru