oleh

TANAH DATAR BERDUKA

Empat Orang Tewas, Tiga Nagari Dilanda Banjir Bandang

BATUSANGKAR (Metrans)

Tidak hanya di Nagari Tanjung Bonai, banjir bandang juga melanda 2 kenagarian di Lintau IX Koto. 2 kenagarian tersebut yakninya Nagari Lubuak Jantan dan Nagari Batu Bulek.

Data Posko Bencana banjir bandang di Mapolsek Lintau Buo Utara terdata, di Nagari Lubuak Jantan terdapat bencana longsor tepatnya di kawasan Kalo Kalo Jorong Mawar. Dimana longsor menimbun 2 orang warga, dan beruntung kedua warga tersebut berhasil diselamatkan dan saat ini dirawat di Puskesmas Lintau Buo 1.


Sementara, di kenagarian Lubuak Jantan, banjir bandang tidak memakan korban jiwa, namun satu unit rumah warga rusak berat, dan banjir juga menghanyutkan ternak warga dan merusak areal sawah dan ladang. Sampai saat ini, belum terdata jumlah sawah yang mengalami kerusakan tersebut.

Disisi lain, banjir bandang Tanjung Bonai, setidaknya menewaskan 4 orang, dimana 3 orang korban terdiri dari ibu dan dua anak serta seorang pengendara yang diketahui berprofesi sebagai tukang ojek 6 orang warga dirawat di Puskesmas Lintau Buo Utara, dan satu orang dirawat di RSUD Hanafiah Batusangkar.

Berikut daftar korban tewas dan selamat yang dihimpun di Posko Bencana banjir bandang Lintau Buo Utara :

Korban tewas:

1. Rani (ibu),  30 thn

2. Moch Steve Efendi (anak), 10 thn

3. Aris (anak), 2,5 thn

4. Yusrizal Buyung ( pengendara Ojek), 45 thn

Korban selamat dan dirawat di RSUD Hanafiah dan Puskesmas:

1. H. firdaus 

2. Ermalius

3. Hendrita

4. Nurzahwani

5. Suyati

6. Rizki

 Kepala BPBD Tanah Datar Thaksin mengatakan, saat ini akan dibuka dapur umum dan posko pengaduan di kenagarian Tanjung Bonai sebagai Kawasan terdampak bencana banjir bandang. 

"Korban selamat sekitar 14 orang dan telah dievakuasi, sementara 6 bangunan hunian, kedai dan rice milling mengalami kerusakan berat," ucapnya.

Sementara Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi menyampaikan ucapan duka kepada keluarga korban dilokasi dan untuk selanjutnya bagi yang terdampak sebaiknya diungsikan, dengan alasan  hujan masih mengguyur di lokasi bencana.

Selanjutnya untuk saat ini pihak pemerintah memberikan bantuan kepada korban berupa santunan spontan berupa santunan duka, biaya perawatan di rumah sakit dan puskesmas digratiskan, untuk selanjutnya akan dilakukan pendataan secara detail untuk pemberian bantuan lanjutan, ucap Irdinansyah saat ditemui Metrans di lokasi bencana, Jum'at (12/10).

Bupati juga mengimbau kepada masyarakat untuk waspada dimana sebagian besar di wilayah Tanah Datar masih hujan.

Sementara berdasarkan pantauan lokasi tim gabungan Basarnas, TNI, Polri, PNS, relawan dan masyarakat masih melakukan pencarian yang di duga belum ditemukandan pembersihan material.

Usai peninjaun lapangan bupati bergerak ke pukesmas lintau buo I meninjau kondisi korban yang dirawat. (eri)


Editor :  Raihan Al Karim

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru