oleh

1.360 PESILAT DAN TUO-TUO SILEK

GSB Jadi Ajang Prestasi dan Memajukan Pariwisata

BATUSANGKAR (Metrans)

Penampilan para pesilat di arena Galanggang Siliah Baganti (GSB) bisa jadi ajang meraih prestasi dan memajukan pariwisata daerah.

"Kita berharap pemerintah daerah dapat mendukung kegiatan seni bela diri pencak silat ini, tidak hanya sebatas pada GSB saja namun juga pada kegiatan pencak silat lainnya, karena ini juga dapat mengangkat pariwisata daerah," kata Ketua Harian IPSI Tanah Datar, Afrizal pada acara GSB IX di Pagaruyung, Sabtu (22/9).


Afrizal menyampaikan pada ajang Pekan Olahraga Proovinsi (Porprov) tahun lalu, Cabang Olahraga Pencak Silat Tanah Datar adalah penyumbang medali emas terbanyak.

"Maka pada Porprov tahun ini, IPSI Tanah Datar juga punya target meraih emas terbanyak, setidaknya sama dengan tahun sebelumnya," kata Camat Limo Kaum ini.

IPSI Tanah Datar menggelar GSB ini sebagai ajang penampilan gerak seni silat dan ketangkasan bela diri Minangkabau sekaligus melestarikan tradisi ini kepada generasi muda Tanah Datar.
Sekretaris Daerah Tanah Datar Hardiman pelaksanaan GSB ini sebagai bentuk pembinaan generasi muda dengan menghimpun para pendekar silat se- Kabupaten Tanah Datar

"Disadari sebagai suatu seni tradisi ini perlu dikembangkan dan dilestarikan, mengingat olahraga ini ciri khas Minangkabau dan sangat spesifik dibanding olahraga silat lain di Indonesia," katanya.

Dengan pembinaan yang matang akan lahir generasi yang cerdas, sportif, berjiwa ksatria, berkualitas dan bermartabat dengan menjunjung tinggi, adat basandi syarak, syarak basandi Kitabullah.
GSB ini tidak hanya semata arena pertandingan, namun juga sebagai ajang pertemuan bagi tokoh silek, tuo-tuo silek tradisional dari berbagai perguruan di Tanah Datar.
Pagelaran GSB IX ini menampilkan sebanyak 1.360 pesilat, pendukung dan para tuo-tuo silek. (fan)


Editor :  Faisal Budiman

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru