MESKI BELUM PERMANEN

Hari Ini, Kebiasaan Macet Tiap Senin di Pasar Koto Baru Mulai Teratasi

Suasana di lokasi parkir Pasar Koto Baru Tanah Datar saat hari pasar Senin, 26/3 (Foto: Ditlantas Polda)

KOTO BARU (Metrans)
Momok macet belasan tahun saat hari pasar di Koto Baru Kabupaten Tanah Datar, Senin (26/3) secara berangsur-angsur mulai lancar.

"Kondisi kendaraan lancar di saat hari pasar di Koto Baru tidak lepas dari penataan kendaraan bongkar muat di areal parkir yang sejak dua minggu lalu disiapkan," ujar Kasat Lantas Polres Padang Panjang Iptu Adtya, di sela-sela tugas mengatur  kendaraan di Pasar Koto Baru, pukul 10.00 WIB.

Jajaran Satlantas Padang Panjang sejak pukul 06.00 pada Senin itu sudah dikerahkan untuk membuat lajur di ruas utama Padang-Bukittinggi.


"Kita menindaklanjuti arahan Dirlantas Polda Sumbar Kombes Pol Singgamata yang konsen untuk membuat lalu lintas lancar di Pasar Koto Baru ini," ujar Aditya.

Bahkan, aparat Satlantas dalam menjalankan tugas mengedepankan sikap bersahabat kepada pengendara dan masyarakat.

(Klik videonya di sini)

"Pak mohon parkir kendaraan bongkar sayur mayurnya ke lokasi yang telah kita siapkan yakni di lokasi parkir ya pak," ujar seorang petugas kepada pengendara kendaraan yang penuh sayur mayur di pasar itu tadi pagi.

Kombes Pol Singgamata yang dihubungi terpisah mengatakan terima kasih atas semua pihak terutama masyarakat yang menghargai tugas jajaran Satlantas Padang Panjang di Koto Baru hari ini.

"Saya terima kasih sekali kepada PU Bina Marga Tanah Datar yang telah mencor lahan parkir, dan sikap bersahabatnya masyarakat dalam menjalankan arahan jajaran Satlantas Padang Panjang hari ini," ujar Singgamata.

Tapi, kata Singgamata, kondisi lancar hari ini tetap saja belum merupakan tindakan tuntas melancarkan arus lalu lintas di ruas Pasar Koto Baru itu.

"Tindakan permanennya tetap yakni perlebar pasar ke belakang, mumpung pemilik lahannya mau diganti rugi, dan itu tentu political will-nya ada di pemerintah daerah terutama Gubenur, DPRD Sumbar dan Pemkab Tanah Datar," ujar Singgamata. (Raihan)

Video Terkait:



Jangan Lewatkan