oleh

CADIAK PANDAI DI NAGARI

HM Nurnas Dikukuhkan Pucuk Adat Nagari Ketaping Sebagai Palito Rajo Lelo

PARIT MALINTANG (Metrans)
Nagari Ketaping Kabupaten Padang Pariaman, Minggu (17/6) malam menggelar pengukuhan cadiak pandai nagari (cerdik pandai nagari). Satu diantara tiga orang tokoh masyarakat yang dikukuhkan sebagai Cadiak Pandai Nagari itu adalah anggota DPRD Sumbar HM Nurnas dengan nama sebutan adat Palito Rajo Lelo oleh pucuk adat Nagari Ketaping.

Pengukuhan cadiak pandai itu disaksikan langsung  oleh Wabup Padang Pariaman Suhatri Boer dan Camat beserta perangkatnya di kecamatan Batang Anai, Wali Nagari Ketaping, Wali Korong Senagari Kataping, Ninik Mamak, Tuanku, Labai, Urang Tuo Nagari, Kalapo Mudo senagari Kataping, serta  seluruh perangkat nagari.

HM Nurnas, politisi Partai Demorkat itu dikukuhkan menjadi Palito Rajo Lelo, menurut tokoh adat di Ketaping, tidak mudah menjadi palito di nagari.


"Pak HM Nurnas sebagai Palito Rajo Lelo Nagari Ketaping sudah pas dan pantas, karena peran dan baktinya untuk nagari selama ini tidak berhingga," ujar Pucuk Adat Ketaping B Rangkayo Sampono usai pengukuhan.

Selain HM Nurnas ST Palito Rajo Lelo, juga dikukuhkan Drs. Rosman Palito Rajo Endah, dan Syamsul Bahri Palito Rajo Basa.

"Pengukuhan Cadiak Pandai ini dalam rangka mambangkik batang tarandam, di mana selama ini terjadi kekosongan, padahal Nagari Kataping adalah etalasenya Sumbar, sebab Bandara Internasional Minangkabau (BIM) berada di nagari ini," ujar HM Nurnas.

Dan menurut B Rangkayo Sampono, Nagari Katapiang sangat perlu Cadiak Pandai Nagari untuk diadakan lagi.

"Keberadaan lembaga cadiak pandai nagari itu bertujuan memberikan pemikiran, masukan kepada Pucuk Adat dalam membangun Nagari Tigo Tungku Sajarangan, Pemerintahan, Alim Ulama, Ninik Mamak harus sejalan untuk kemajuan Nagari," ujar Rangkayo Sampono.(pep)


Editor :  John Edward Rhony

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru