oleh

UNAND DAN UMMY PASRAH

IPB Bogor Incar Sumatera Barat bagian Timur

SOLOK (Metrans)

Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar sosialisasi untuk perekrutan calon mahasiswa di Gedung Kubung Tigobaleh, Kota Solok, Kamis (2/2). Sosialisasi bertajuk IPB Goes to School ini dihadiri siswa SMA dan SMK dari 7 daerah di Sumbar bagian timur, yaitu Kota Solok, Kabupaten Solok, Solok Selatan, Sawahlunto, Sijunjung, Dharmasraya, Tanah Datar dan Padang Panjang.

Meski perekrutan mahasiswa ini merupakan hal biasa, namun ketika IPB melakukannya di Sumbar bagian timur, banyak hal positif yang bisa dipetik. Sosialisasi ini dihadiri lebih dari seribu siswa-siswa SLTA dari tujuh daerah di Sumbar.


Kampus IPB merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia. Passing grade (level kelulusan di SPMB) setara dengan kampus-kampus ternama semacam Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) hingga Universitas Gajah Mada (UGM). Bahkan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) adalah salah satu lulusan kampus yang awalnya fokus di bidang pertanian ini.

Wakil Wali Kota Solok Reinier mengatakan, sosialisasi yang dilakukan IPB kali merupakan langkah maju merekrut siswa-siswa dari Sumbar, khususnya Kota Solok. Menurutnya, nama besar kampus IPB secara otomatis telah memberikan citra positif pada dunia pendidikan di Kota Solok.

“Sosialisasi yang dilakukan IPB kali ini menunjukkan bahwa Kota Solok dan enam daerah di bagian timur Sumbar memiliki siswa-siswa pintar yang pantas berkuliah di kampus ternama tersebut. Kepada para siswa kita berharap untuk lebih fokus mempersiapkan diri menghadapi seleksi tersebut. Mari buktikan bahwa anak-anak sekalian adalah siswa yang dicari IPB,” ujarnya.

Ketua Alumni IPB Sumbar Arkadius Dt Intan Bano mengungkapkan bahwa IPB merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia. Banyaknya alumni dan mahasiswa Sumbar di IPB menunjukkan bahwa Sumbar tetap gudangnya orang-orang cerdas. Wakil Ketua DPRD Sumbar itu mengungkapkan keberadaan para alumni IPB di Sumbar telah mampu mewarnai pembangunan dan pemerintahan di Sumbar.

“Masuk ke IPB adalah sesuatu kebanggaan. Ini adalah kampus terbaik. Kepada calon mahasiswa, kami berharap untuk mempersiapkan diri dengan baik menghadapi seleksi nantinya. Kita dari alumni akan siap membantu para mahasiswa baru untuk mempersiapkan dirinya di kampus nanti. Seperti tempat tinggal, asrama, informasi beasiswa dan komunikasi dengan mahasiswa dan alumni IPB asal Sumbar nantinya,” ujarnya.

Salah satu siswa yang mengikuti sosialisasi, Putri dari SMAN 2 Sawahlunto menyebutkan dirinya sangat senang dengan sosialisasi ini. Putri mengaku dirinya memang berniat untuk bisa kuliah di IPB. Di samping memiliki banyak jurusan yang bisa dipilih, Putri menyatakan IPB adalah kampus favorit di Indonesia.

“Kita semua tahu, IPB adalah kampus terbaik. Berkuliah di sana bukan hanya sekadar mimpi yang menjadi kenyataan, tapi juga gerbang untuk masa depan yang lebih baik. Namun, tentu saja untuk masuk ke kampus terbaik, persiapan yang harus dilakukan juga harus persiapan terbaik,” ujarnya.

Dengan sosialisasi yang dilakukan IPB ini, perekrutan mahasiswa di Sumbar dan Kota Solok semakin kompetitif. Universitas Andalas (Unand) dan Universitas Mahaputra Muhammad Yamin (UMMY) Solok merupakan dua kampus di Sumbar yang juga menyelenggarakan program studi pertanian. Sehingga, keduanya harus siap bersaing dengan IPB dan kampus-kampus terbaik lainnya di Indonesia.

“Unand dan UMMY adalah kampus kebanggaan Sumbar dan Kota Solok. Namun, ketika ada kesempatan masuk ke IPB, kesempatan itu harus diambil,” ujar Hajrul, salah satu siswa asal Solok. (rzl)


Editor :  John Edward Rhony

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru