oleh

CURAH HUJAN TINGGI

Irigasi dan Jalan Raya Batusangkar-Lintau Kembali Tertimbun Longsor

BATUSANGKAR (Metrans)

Hujan lebat disertai petir yang menyirami bumi Tanah Datar sejak, Sabtu (14/3), berakibat terjadinya pergerakan tanah hingga menimbun fasilitas publik.

Di jalan raya Batusangkar-Lintau tepatnya dibalai Bungo nagari Andaleh Baruh Bukit kecamatan Sungayang pada Senin (19/3) lalu, badan jalan dan saluran irigasi tertimbun tanah longsor.


“Longsor disebabkan oleh curah hujan yang tinggi diwilayah Sungayang sejak minggu sore sampai Senin dini hari. Longsor tersebut memang tidak terlalu besar dan mengakibatkan pengempitan badan jalan dan menutup saluran air, sehingga air dari selokan melimpah kejalan,” ujar Kapolsek Sungayang Iptu Sahnimar didampingi Kanit Bimas Ipda Tomi Sandra kepada Metrans.

Berawal dari informasi yang didapat dari masyarakat bahwa adanya longsor di Balai Bungo Andaleh Baruh Bukit. Polsek Sungayang langsung menanggapinya dengan meninjau kelokasi terjadinya longsor. Sampai dilokasi melihat materil longsor menutup saluran air yang ada dipinggir jalan Kapolsek Iptu Sahnimar bersama masyarakat berinisiatif untuk mengangkat materil bersama-sama masyarakat dengan cara bergotong royong.

“Apabila materil longsor tidak segera di bersihkan, air yg melimpah kejalan dengan membawa materil longsor bisa menyebakan jalan menjadi licin yang berdampak pada rawannya laka lantas,” ungkapnya.

Satu jam kemudian, terang Iptu Sahnimar, kendaraan sudah bisa melewati jalan yang tertimbun, sehingga arus transportasi kembali normal seperti biasa dan irigasi yang tertimbun lancar kembali.

Usai goro pembersihan materil longsor, kapolsek juga menghimbau kepada masyarakat sekitar untuk selalu tetap waspada terhadap terjadinya longsor karena saat ini musim hujan, apabila terjadi longsor atau kejadian lain yang membutuhkan kehadiran anggota Kepolisian segera hubungi FKPM, Bhabinkamtimas dan bisa juga langsung kepiket penjagaan Polsek Sungayang, imbuhnya. (eri)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru