Jaksa Banding, Terdakwa Kasus 2 Kg Sabu Hanya Divonis 1 Tahun Penjara

Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Payakumbuh, Saldi saat memberi keterangan kepada wartawan.

PAYAKUMBUH (Metrans)

Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Payakumbuh mengajukan banding atas putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Tanjung Pati yang dipimpin Ketua PN, Herry Cahyono yang memvonis terdakwa Sonya Adela (21) 1 tahun penjara pada Kamis, (6/12/2019) lalu. Banding diajukan jaksa dalam tenggang 7 hari saat waktu pikir-pikir setelah vonis dijatuhkan.

Sebelumnya dalam tuntutannya, JPU menuntut terdakwa yang dibekuk Tim Ditresnarkoba Polda Sumbar dengan barang bukti sekitar 2 kilogram narkotika jenis sabu pada 31 Maret 2019 lalu di pinggir Jalan di Jorong Aia Putiah, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota itu dengan tuntutan 18 tahun penjara. Terdakwa yang yang hendak menuju Kota Padang dari Pekanbaru itu, dituntut karena melanggar, Primer Pasal 114 Ayat 2 Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, Subsider Pasal 112 ayat 2 Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika serta lebih Subsider melanggar Pasal 131 Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.


"Terhadap putusan perkara atas nama Sonya Adela ini, kita menyatakan banding. Karena berdasarkan hasil putusan Pengadilan Negeri Tanjung Pati sebagaimana yang di awal tuntutan kita 18 tahun dan kita membuktikan Pasal 112 Ayat 2 Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, Pengadilan Negeri Tanjung Pati berpendapat dalam putusannya membuktikan Pasal 131 Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan amar putusannya selama 1 tahun," kata Kepala Kejari Payakumbuh, Nur Tamam melalui Kasi Pidum, Saldi didampingi Amrizal dan Rizkinil Jusar, JPU Kejari Payakumbuh, Kamis (16/1/2020).

Ia mengatakan, sebelumnya terdakwa dengan nomor perkara PDM 51.PID.PYK/E.N.208/2019 itu menggunakan sebuah travel dari Kota Pekanbaru menuju Kota Padang, Sumatera Barat, terdakwa dibekuk oleh pihak kepolisian sekitar pukul 03.00 WIB dinihari.

Selain Sonya, sebelumnya kasus narkoba yang melibatkan perempuan juga berhasil diungkap oleh Jajaran Satresnarkoba Polres Limapuluh Kota beberapa waktu lalu. Saat itu tersangka WL (27) ibu dua orang anak asal Jalan Hang Tuah Ujung Perum Hangtuah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau dibekuk bersama seorang pria di depan Mapolres Limapuluh Kota.

Beruntung Wl berhasil selamat, sebab teman prianya tewas tertambak oleh anggota polisi yang melakukan penghadangan kendaraan roda empat yang mereka tumpangi. Selain tersangka Wl, saat itu, polisi juga berhasil mengamankan sejumlah paket besar narkoba jenis sabu-sabu siap edar.

[Lili Yuniati]


Jangan Lewatkan