oleh

AKIBAT HUJAN DERAS

Jalan Riau-Sumbar Longsor, Arus Lalu-lintas Dialihkan

PEKANBARU (Metrans)

Lagi-lagi musibah longsor kembali terjadi di jalan lintas Provinsi Riau-Sumatera Barat tepatnya di Kilometer 78 Desa Merangin, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Kamis (19/4) sekitar pukul 05.00 WIB.

Akibatnya, material longsor yang berjatuhan ke bawah menutupi bahu jalan, sehingga nyaris membuat arus lalu lintas yang menghubungkan provinsi dua tetangga ini lumpuh total.


Kuat dugaan, hujan deras yang mengguyur sekitaran lokasi menjadi penyebab longsor yang materialnya terdiri dari batuan cadas dari tebing yang curam tersebut.

Kasat Lantas Polres Kampar, AKP Wan Mantazakka mengatakan, lokasi longsor ini sekitar 3 kilometer dari simpang tiga Rantau Berangin arah Provinsi Sumbar.

"Untuk saat ini, kendaraan yang bisa melintas hanya roda dua dan roda empat dengan sistem buka tutup. Untuk mengurangi penumpukan kendaraan dan antrian panjang dari kedua arah, kini dilakukan rekayasa pengalihan arus lalu lintas," kata AKP Wan Mantazakka.

Dikatakannya, untuk kendaraan dari arah Sumbar menuju Riau, dialihkan melawati simpang Pulau Galang, Kecamatan XIII Koto Kampar. Sehingga, jalan ini nantinya tembus ke simpang Pulau Galang Dusun Silam Kecamatan Kuok.

Kemudian, yang dari arah Riau menuju Sumatera Barat dialihkan melalui Desa Simpang Pulau Gandang Kecamatan Kuok menuju Simpang Pulau Gadang Kecamatan XIII Koto Kampar.

"Saat ini, tim tengah mendatangkan alat berat untuk menyingkirkan longsoran yang ada di bahu jalan. Untuk membantu mengurai penumpukan kendaraan, personel kita masih tetap di lokasi kejadian," katanya. (Raihan)


Tag:

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru