Kalajengking Berkeliaran di Kabin Pesawat Lion Air, Pihak Maskapai Angkat Bicara

Kalajengking di pesawat Lion Air (Foto: Dok. Karim/Istimewa)

PEKANBARU (Metrans)

Kejadian menyeramkan alias horor terjadi di penerbangan Lion Air JT293. Ada pemandangan tak lazim, yaitu kalajengking merayap di bagasi kabin pesawat.

Karim, salah seorang penumpang pesawat terbang dari Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru menuju Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng pada Kamis (14/2) mengatakan, kalajengking itu persis di atas tempat duduknya.


"Kalajengking itu persis di atas tempat duduk saya C-19. Kalajengkingnya merayap di bawah tempat bagasi yang ada di kabin," ungkap warga Jakarta itu, Jumat (15/2).

Ia menjelaskan, peristiwa ini terjadi ketika pesawat sudah mendarat di Bandara Soekarno Hatta sekira pukul 19.00 WIB. Ketika itu, penumpang mulai mengambil barang-barang bagasi di kabin

"Saat pesawat mendarat, dan penumpang mulai mengambil barang-barang di bagasi kabin, kalajengking ini muncul. Ukurannya cukup besar," kata Karim.

Kalajengking ini keluar dari kabin tempat penyimpanan barang yang dibawa penumpang. Karim sempat memencet tombol meminta pertolongan kepada petugas maskapai.

"Karena penumpang sudah berdiri untuk mengambil barang-barangnya di kabin dalam, petugas maskapai lambat sampai di tempat duduk saya," kata Karim.

Kalajengking itu pun akhirnya hilang di dalam bagasi kabin. "Tak sempat dimatikan, kalajengkingnya sudah menghilang lagi," kata Karim.

Kari juga berharap, semoga ada langkah penanganan yang serius dari pihak Lion Air. "Semoga ada penanganan yang serius dari pihak Lion Air," cuitnya melalui akun instagramnya @karimtaslim.

Karim juga sempat mengabadikan peristiwa anehnya tersebut dan mengunggahnya ke instagram miliknya. Postingannya itu lantas mendapat like dan komentar dari para netizen.

Menanggapi hal itu, pihak Lion Air angkat bicara. Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan, operasional telah dijalankan sesuai standar prosedur (SOP). Danang juga menegaskan bahwa penerbangan Lion Air JT-293 pada Kamis (14/2/2019) itu dipersiapkan secara baik.

"Pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LPK sebelum dioperasikan sudah dilaksanakan pengecekan lebih awal (pre-flight check), dan dinyatakan laik terbang (safe to flight)," ujar Danang dilansir dari Warta Kota.

Danang menjelaskan, berdasarkan data catatan perawatan terjadwal pesawat registrasi PK-LPK, Lion Air sudah melaksanakan pengendalian hama dan binatang, berupa fumigasi pada 19 Oktober 2018 dan pest control pada 6 Februari 2019.

"Terkait dengan laporan salah satu penumpang yang menyebutkan adanya satu binatang berjenis kalajengking di bagasi kabin (head rack) sesaat setelah mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta serta perkembangan berita, atas hal ini masih dilakukan penyelidikan intens dan lebih lanjut," ucapnya.

Selain melakukan penyelidikan, pihal Lion Air melakukan penanganan terhadap pesawat setelah penumpang maupun kargo selesai diturunkan, namun tidak ditemukan binatang tersebut.

"Dalam upaya memastikan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan, hari ini pesawat menjalani penanganan tepat sasaran guna membasmi serangan binatang secara efektif, serta mencegah terjadinya potensi lain yang dibawa oleh binatang," papar Danang.

Dari hasil pemeriksaan sementara pada pesawat, pihak Lion Air tak menemukan adanya binatang tersebut di seluruh bagian pesawat. (tim)


Jangan Lewatkan