POLANYA CURI DAN SEMBELIH

Kawanan Bandit Gasak Dua Ekor Kerbau Masyarakat di Nagari Talang

Anggota Reskrim Polsek Talang Brigadir Verly Hanandre menunjuk ceceran darah di lokasi penyembelihan dua ekor kerbau milik korban Kamsin di Dusun Padang Dama Jorong Balai Pandan Nagari Cupak, Selasa (21/03)

SOLOK (Metrans)
Kawanan bandit pencuri ternak masyarakat (Petermas), Selasa dinihari (21/3) menyembelih lalu menggasak dua ekor kerbau milik Kamsin (62) warga Jorong Koto Gaek Nagari Talang Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok.

Dua kerbau milik Kamsin yang akrab disapa Mak Katik yang juga bertugas sebagai seorang garim Masjid Agung Almunawarah Nagari Talang sejak tahun 1987 itu, dibantai kawanan pelaku di Dusun Padang Dama Jorong Balai Pandan Nagari Cupak yang bertetangga dengan Nagari Talang.

Kapolsek Talang Iptu Naomi Yuliani Saragih didampingi Kanit Reskrim Ipda Edi Saputra dan Kanit Intelkam Aiptu Doni Fatrizal korban Kamsin menuturkan, peristiwa pencurian dua kerbau miliknya itu, baru diketahuinya sekitar pukul 04.45 wib menjelang subuh.


Seperti biasa kata korban, menjelang masuk waktu subuh, dia bangun tidur lalu secara rutin mengecek keberadaan kandang kerbaunya, lalu dilanjutkan bertugas sebagai petugas Masjid sekaligus mengerjakan ibadah solat subuh berjamaah dengan warga sekitar Masjid Almunawarah.

Namun Selasa subuh yang naas itu, korban dikejutkan dengan peristiwa raibnya dua ekor kerbau miliknya dari dalam kandang, yang terletak tidak berapa jauh dari tempat tinggalnya disekitar kawasan komplek Masjid Agung Almunawarah.

Setelah coba dicari ke sekitar lokasi komplek Masjid dan kawasan sekitar dibantu anggota keluarga dan warga lainya, dua ekor kerbau seharga Rp32 juta itu tak juga ditemukan.

Merasa yakin kedua ekor kerbaunya menjadi sasaran aksi pencurian kawanan ‘petermas’, korbanpun lalu melaporkan peristiwa pencurian itu kepada petugas Polsek Talang pada Selasa pagi sekitar pukul 09.00 wib.

Kapolsek Talang Iptu Naomi Yuliani Saragih kepada Metrans di Mapolsek Talang menyebutkan, dari hasil olah tempat kejadian perkara dan penelusuran petugas Reskrim dilapangan, akhirnya petugas menemukan lokasi tempat kedua kerbau milik korban disembelih oleh kawanan pencuri.

Lokasinya kata Iptu Naomi Saragih yang baru sebulan ini menjadi Kapolsek Talang menggantikan pejabat lama AKP Aleyxi itu mengemukakan, berada di sebuah perladangan dalam wilayah Dusun Padang Dama Jorong Balai Pandan Nagari Cupak.

Di sekitar lokasi itu kata Iptu Naomi Saragih, petugas menemukan bercak-bercak darah dan sebahagian isi perut kerbau yang berserakan diatas tanah rerumpuntan, diduga kuat usai disembelih lalu pelaku membawa kabur daging kerbau tersebut.

"Kasus pencurian dua ekor kerbau milik korban bernama Kamsin warga Jorong Koto Gaek Nagari Talang itu sudah dalam penanganan petugas Polsek Talang," pungkas Iptu Naomi.


Jangan Lewatkan