oleh

KARENA PUNGLI
Kepala SMA 1 Guguak Langsung Ditahan Jaksa

PAYAKUMBUH (Metrans)

Kejaksaan Negeri Payakumbuh langsung menahan YD (54) Kepala SMA 1 Guguak Kabupaten Limapuluh Kota yang sebelumnya telah ditetapkan oleh Penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Limapuluh Kota sebagai tersangka dengan tuduhan melakukan Pungutan Liar di sekolah itu.

Penahanan tersebut kata Jaksa, dilakukan untuk mempermudah proses persidangan yang akan digelar di Pengadilan Tipikor Padang. Meski sebelumnya pihak tersangka mengajukan penangguhan penahanan kepada Kejaksaan Negeri Payakumbuh, namun pengajuan tersebut terlambat dilakukan, karena surat perintah penahanan telah ditanda-tangani oleh Kejaksaan Negeri Payakumbuh.


“Iya, kita memang melakukan penahanan terhadap Tersangka YD, oknum kepala SMA di Kabupaten Limapuluh Kota yang tersandung kasus dugaan Korupsi. Untuk pengajuan penangguhan penahanan memang diajukan, tapi terlambat. Tersangka kita tahan titipkan di Lapas Kelas II B Payakumbuh sejak Rabu minggu lalu,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri Payakumbuh, Nur Tamam, SH melalui Kasi Intel, Naziv Firdaus didampingi Kasi Pidsus, Andhika P. Shandy, Kamis 3 Mei 2018.

Naziv yang merupakan pengganti Kasi Intel sebelumnya, Ade Azhari itu mengatakan bahwa penahanan dilakukan Tim Kejaksaan untuk mempermudah persidangan, sebab berkas tersangka yang sudah lengkap tersebut akan segera dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Padang.

“Untuk saat sekarang, tersangka YD yang telah ditahan di LP Kelas II B Payakumbuh itu menjadi tahanan Kejaksaan. Namun setelah kita serahkan ke Pengadilan Tipikor, untuk selanjutnya setelah diserahkan, apakah akan kembali ditahan/tidak menjadi kewenangan Hakim,” tambahnya.

Sebelumnya, Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Haris Hadis dan Kasat Reskrim, AKP Anthon Luther melalui Kanit Tipikor, Ipda. Heri mengatakan kepada wartawan bahwa pihaknya telah menyerahkan berkas, tersangka dan barang bukti kasus dugaan Pungutan liar di SMA 1 Guguak kepada Kejaksaan Negeri Payakumbuh.

“Iya, tersangka, barang bukti dan berkas perkara kasus dugaan Korupsi di SMA 1 Guguak telah kita serahkan kepada Kejaksaan Negeri Payakumbuh dan dinyatakan telah lengkap”. Sebut Ipda Heri Kamis sore 3 Mei 2018.

Sebelumnya diberitakan, Oknum Kepala SMA 1 Guguak berinisial YD diciduk Tim Saber Pungli Polres Limapuluh Kota terkait dugaan Pungutan Liar (Pungli) di sekolah itu dalam Penerimaan Murid Baru yang mewajibkan siswa baru untuk membeli Seragam Sekolah. Dari penangkapan tersebut juga disita uang tunai puluhan juta rupiah (li2)


Editor :  John Edward Rhony

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru