KI dan PWI Sumbar Siap Gaungkan HPN 2018

Komisioner KI dan PWI Sumbar serius bicarakan kegiatan diskusi dengan peserta Komisioner KI se Indonesia bertemakan Pukul Hoaks dengan Keterbukaan informasi dalam rangka memeriahkan HPN 2018, Selasa (2/1) di Kantor KI Sumbar.


PADANG (Metrans)
Hari Pers Nasional (HPN) 2018 menjadi kebanggaan tersendiri bagi Sumatera Barat karena ditunjuk sebagai tuan rumah.

Untuk gaungnya ini, Komisi Informasi (KI) dan PWI Sumbar berkomitmen untuk menggelorakannya sesuai tugas dan kewenangan masing-masing.

"KI sangat punya andil untuk meriahnya HPN di Sumbar, apalagi tugas komisi informasi dan wartawan sinergis yakni keterbukaan informasi publik, apalagi soal informasi hoaks yang makin hari semakin menjadi-jadi di berbagai media,"ujar Ketua Komisi Informasi Sumbar Syamsu Rizal didampingi Komisioner Adrian Tuswandi, Selasa (2/1) saat bertemu dengan Ketua PWI Sumbar Heranof dan jajaran di Kantor PWI Sumbar.


KI Sumbar, kata Syamsu Rizal, telah merancang sebuah kegiatan diskusi dengan peserta seluruh komisioner KI se Indonesia yang berlatarbelakang wartawan.

"Topiknya tentu tidak jauh dari serangan kepada informasi hoaks, temanya bisa saja Pukul Hoaks dengan Keterbukaan Informasi, dengan peserta dari komisioner yang berlatarbelakang wartawan, rencana kegiatan tanggal 8 Februari, besoknya menghadiri puncak peringatan HPN 2018 yang dihadiri Presiden Jokowi,"ujar Syamsu Rizal.

Ketua PWI Sumbar Heranof merespon positif rencana yang digagas KI dalam memeriahkan HPN 2018. "Kita merespon positif apalagi topik diskusi diikuti komisioner KI se Indonesia plus temanya yang pas yakni anti hoaks,"ujar Heranof.

Pasalnya, kata Heranof, informasi hoaks diprediksi semakin menggurita pada 2018 dan 2019.

"Peran KI dan wartawan harus menjadi tameng untuk mencegah hoaks itu dengan pemberitaan yang sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku di dunia kewartawanan,"ujarnya.(rel)

Editor :  Raihan Al Karim

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2017





Facebook Comments