29 Nov 2017 | 19:26:04 WIB
Pewarta : Syafruddin Al


INGIN SINERGIKAN SAUDAGAR MINANG
Koperasi SMR Gelar Temu Bisnis di Bandung

Koperasi SMR Gelar Temu Bisnis di Bandung

Bahri Devi


JAKARTA (Metrans) 
Koperasi Saudagar Minang Raya (SMR) bakal menggelar temu bisnis bertajuk: “Saudagar Minang Raya International Business Forum” di Kota Bandung, Jawa Barat, pada 9 Desember 2017 depan.

Temu bisnis ini merupakan yang pertama kali diadakan sejak koperasi para saudagar, birokrat, akademisi dan profesional lainnya itu resmi didirikan tahun lalu.

"Kami ingin mensinergikan saudagar Minang," kata Ketua Penyelenggara, Bahri Devi, dalam rilisnya Rabu pagi (29/11).


Bahri menjelaskan, temu bisnis yang berlangsung sehari penuh dari pagi hingga malam, adalah untuk mempertemukan kalangan investor dalam dan luar negeri dengan pengusaha berbagai produk yang bergabung dalam wadah koperasi SMR tersebut.

“Insya Allah kita akan mengadakan Internasional Business Forum, yaitu forum yang mempertemukan para Saudagar Minang Raya dengan para investor dalam upaya mempercepat tumbuh kembangnya usaha masyarakat Minang di manapun berada,” katanya.

Ia menambahkan, temu bisnis internasional itu sangat dimungkinkan digelar karena anggota Koperasi SMR juga ada di mana-mana. Selain di kampung halaman dan daerah perantauan dari Sabang hingga Merauke, juga ada yang berdomisili di luar negeri, seperti di Qatar, Timur Tengah, Semenanjung Malaysia, Australia, Amerika dan Eropa.

“Alahamdulillah, koperasi yang dipimpin Pak Fasbir Noorsidin (Ketum) bersama Pak Revri Aroes (Sekjen) dan Elva Waniza (Bendum) itu terus bertambah keanggotannya. Sekarang sudah melebihi 200 orang,” kata dia, sembari menambahkan Koperasi SMR menargetkan 1.000 anggota hingga dua tahun ke depan.

Bahri melanjutkan, melalui temu bisnis ini, diharapkan terbangun sinergitas bisnis sesama saudagar Minang yang selama ini sulit sekali diwujudkan.

“Kami ingin membuktikan bahwa kerjasama bisnis antar pengusaha Minang bisa kita lakukan dan sekaligus akan membesarkan nama koperasi SMR,” ucapnya.

Dalam acara itu, masing-masing pengusaha akan mempresentasikan kondisi dan peluang bisnisnya. Diharapkan, investor bisa ikut bersinergi dalam bentuk modal untuk mengembangkan bisnis tersebut.

Hingga saat ini, kata dia, sudah ada sejumlah pengusaha yang siap mempresentasikan usaha mereka dalam pertemuan itu. Dan sejumlah investor dari dalam dan luar negeri juga sudah siap untuk hadir.

International Business Forum yang akan dilangsungkan di Covention Hall Grand Asrilia Hotel itu, juga dibarengi pameran beberapa produk yang dimiliki pengusaha Minang. Pada malam harinya, dilanjutkan dengan hiburan KIM yang bertabur hadiah.

“Jadi, rugi sekali kalau ada pengusaha Minang kecil, menengah maupun besar tidak ikut ambil bagian dalam forum itu,” tutup Bahri. (*/al)

Editor :  John Edward Rhony

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2017





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook