oleh

ANGGARAN BELUM JUGA DIAJUKAN

M. Nurnas: HPN 2018 di Sumbar Bisa Terancam

PADANG (Metrans)

Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 pada 9 Februari 2018 terancam. Pasalnya, hingga sampai saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar belum memasukkan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) Sumbar 2018 ke DPRD Sumbar untuk dibahas.

"Padahal seharusnya sesuai dengan pedoman penyusunan APBD yang dikeluarkan Kemendagri, KUA PPAS ini harus masuk di Juni 2017 dan disepakati minggu pertama Juli. Namun hingga sekarang belum juga masuk," kata Anggota DPRD Sumbar, HM Nurnas kepada Metrans, Senin (17/7) di Gedung DPRD Sumbar.


Nurnas juga menyebutkan keterlambatan itu akan berefek kepada peringatan HPN 2018 di Sumbar. Pasalnya, kegiatan-kegiatan HPN yang dianggaran di APBD Sumbar baik di APBD Perubahan 2017 maupun APBD murni 2018 bisa-bisa tidak termanfaatkan karena keterbatasan waktu.

"Untuk itu saya minta Pemprov Sumbar segera memasukkan KUA PPAS supaya dibahas. Sehingga semuanya bisa terkejar dan anggarannya bisa digunakan dengan nyaman," kata Ketua Komisi IV DPRD Sumbar yang juga anggota Badan Anggaran di lembaga legislatif itu.

Selain itu, kata Nurnas persiapan pra HPN juga terancam seperti launching HPN yang dijadwalkan September mendatang. Hal itu dikarenakan Pemprov Sumbar juga belum memasukkan KUA PPAS APBD Perubahan 2017.

"Kalau mengacu kepada pedoman penyusunan APBD yang dikeluarkan Kemendagri, KUA PPAS APBD Perubahan 2017 itu harus masuk di minggu pertama Agustus 2017 dan selesai di minggu ketiga Agustus," jelasnya.

Menurut politisi partai Demokrat itu, dana untuk HPN tersebut memang bukan hanya dari APBD, namun bisa juga dari swasta dan APBN. Namun, kalau tidak dianggarkan di APBD Sumbar tentu hal itu tidak bagus.

"Saya tidak tahu, mungkin ada dana lain yang digunakan. Tapi, saya pikir pasti ada dari APBD. Untuk itu, kita minta Pemprov segera memasukkan KUA PPAS APBD 2018 dan perubahan 2017 supaya dibahas," tegasnya.

Peringatan HPN menurut Nurnas merupakan marwah Sumbar. Jika, peringatan HPN 2018 itu tidak sukses tentu membuat malu masyarakat Sumbar.

“Ingat HPN itu etalase nasional yang dilaksanakan di Sumbar, launchingnya September. Mestinya HPN sudah booming, apalagi disinergikan dengan pariwisata Sumbar, namun kenyataannya sekarang masih berkutat dengan masalah anggaran,”ujarnya.

Untuk itu, Nurnas juga mengingatkan Pemprov jangan hanya melihat kepada uang masuk yang akan dihasilkan oleh pelaksanaan HPN itu nantinya ke Sumbar, tetapi hendaknya juga dipikirkan bagaimana pelaksanaan HPN itu bisa sukses, mulai dari pra HPN hingga puncaknya tanggal 9 Februari 2018 itu.

“Yang harus diingat, HPN itu kan bukan langsung dilaksanakan tanggal 9 Februari 2018 nanti saja, tapi pasti ada kegiatan yang mengawalinya yang biasa disebut pra HPN. Dari rapat yang dilaksanakan di Hotel Balairung Jakarta beberapa waktu lalu, direncanakan Launchingnya bulan Agustus atau September 2017. Nah, dari mana dananya nanti diambilkan?” ujar mantan Ketua LPJK Sumbar ini. (pep)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru