Manfaatkan 'Jalan Tikus' untuk Masuk ke Sumbar: 8 Mobil Asal Riau Dikandangkan, Sopir Ditilang

Ilustrasi. (net)

LIMAPULUH KOTA (Metrans)

Jajaran Polres Limapuluh Kota menjaring delapan mobil yang mencoba memasuki wilayah Sumatera Barat (Sumbar) melalui 'jalan tikus'.

"Mereka masuk lewat jalan tikus, melalui jalan di Desa Baluang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Kamis (28/5). Dijaring petugas yang sedang melakukan pengamanan di perbatasan Sumbar-Riau," kata Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Sri Wibowo, Jumat (29/5).


Ia mengatakan, berdasarkan keterangan para sopir, mereka sengaja melewati jalur tersebut agar terhindar dari pemeriksaan petugas di pos pengamanan Sumbar-Riau yang berlokasi di Pos Timbangan Rimbo Datar dan mencoba melewati jalan di Desa Baluang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau dengan membayar kepada para pemuda di sepanjang jalur itu.

"Para sopir dan penumpang itu telah diperiksa dengan penerapan protokoler kesehatan oleh Paur Kesehatan Polres Limapuluh Kota bersama Tim Penanganan Covid-19 kabupaten guna dimintai keterangan dan diproses lebih lanjut.

Beberapa dari mobil yang ditindak tersebut, kata dia, memang ada yang sebagai angkutan travel. Jalur-jalur tikus itupun dimungkinkan masih dilewati oleh angkutan orang, termasuk travel, dan pihaknya menyatakan akan terus mengantisipasi dengan memperketat penjagaan.

"Pagi tadi, seluruh mobil sebanyak delapan unit itu dibawa ke Mapolres dan dilakukan sanksi berupa penilangan, selanjutnya mobil tersebut diamankan di Mako Polres Limapuluh Kota," tambah dia.

Delapan mobil yang dijaring tersebut adalah Daihatsu Terios dengan nomor polisi BM 1791 JB tujuan Pasaman, Daihatsu Luxio nomor polisi BM 1788 NJ tujuan Pasaman, Daihatsu Luxio nomor polisi BM 1508 RO tujuan Pasaman Barat, Kijang Innova nomor polisi BM 1020 JC tujuan Kota Padang.

Kemudian Isuzu Panther nomor polisi BA 1690 QB tujuan Kota Padang. Selanjutnya, Kijang Innova nomor polisi BA 1776 FZ tujuan Malalo, Isuzu Panther nomor polisi BA 1684 IB tujuan Kota Padang, dan Kijang Innova nomor polisi BA 1257 IC tujuan Kota Padang.


Jangan Lewatkan