oleh

DRAINASE MELUAP

Masjid Jami' Darussalam Koto Baru Terendam Banjir

KOTO BARU (Metrans)

Tingginya curah hujan beberapa hari ini mengakibatkan saluran drainase di pinggir Jalan Nasional, Nagari Koto Baru, Kecamatan X Koto meluap dan mengakibatkan masjid Jami' Darussalam kebanjiran.

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi menerima informasi dari masyarakat pasca banjir pada Jum'at kemaren, langsung mendatangi lokasi didampingi Camat X Koto Hendra Setiawan, Wali Nagari Koto Baru Mukhlis, Kepala Pelaksana BPBD Tanah Datar Revol Desman dan Tokoh Masyarakat Koto Baru, Sabtu (30/6).


Dalam tinjauannya, Bupati menginstruksikan pihak terkait untuk segera menangani dampak banjir tersebut. “Segera lakukan penangulangan sementara hingga nanti dilanjutkan dengan penangulangan secara menyeluruh, pelajari masalahnya agar apa yang terjadi tidak terulang kembali,” tegas Bupati.  

Bupati pun menyempatkan  diri untuk berkeliling melihat kondisi sekitar yang terkena dampak banjir tersebut yang banyak meninggalkan lumpur, batu dan sampah.

Di hadapan Bupati, Mukhlis Wali Nagari Koto Baru menceritakan secara singkat kronologi banjir tersebut. Ia mengatakan, banjir terjadi akibat arus deras datang dari hulu Gunung Merapi membawa material batu, pasir beserta lumpur yang sempat tersumbat dan menghantam dinding pembatas antara parit akses menuju Mesjid sehingga air tersebut melimpah menggenangi pekarangan Masjid, TK Jihad Koto Baru, Kolam dan beberapa pemukiman warga.

“Banjir mengenangi perkarangan Masjid selepas masyarakat melaksanakan Shalat Jumat, tak banyak yang dilakukan pada saat itu mengingat arus deras yang dapat membahayakan jiwa,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Tanah Datar Revol Desman mengatakan, saat ini anggota BPBD, Pemadam Kebakaran Tanah Datar dan Masyarakat sekitar membersihkan batu, lumpur dan sampah pasca terjadinya banjir tersebut.

“Ada beberapa batu besar yang masih menghambat di parit yang akan segera ditangani dengan cara memecahnya dengan alat bantu sedangakan lumpur dibersihkan dengan  cara menyemprotkan air dari mobil pemadam kebakaran,” ucapnya. (eri)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru