oleh

MUBES V PKDP DIBUKA

Masyarakat Piaman di Rantau dan Ranah Diminta untuk Saling Bersinergi

PEKANBARU (Metrans)
Masyarakat Piaman (Padang Pariaman dan Kota Pariaman) di ranah maupun di rantau diminta untuk terus saling bersinergi dan menjaga kekompakkan. Persatuan yang telah terjalin erat selama ini yang tercermin dalam wadah Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) jangan sampai cacat oleh gesekan-gesekan kecil yang tidak perlu.

Demikian imbauan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit ketika memberikan sambutan pada acara pembukaan Musyawarah Besar PKDP di Gedung Serindik, Gubernuran Riau, di Pekanbaru, Jumat malam (6/4).

Mubes yang diikuti 300 peserta dari seluruh Indonesia itu dibuka resmi oleh Pj. Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim dengan dihadiri Walikota Pariaman diwakili Sekda Indra Sakti, para petinggi DPP PKDP dan sejumlah pejabat Riau.


Sedianya Mubes V ini bakal dibuka Menpan RB Asman Abnur. Namun karena berhalangan, ia batal datang ke Pekanbaru.

Namun demikian, acara pembukaan tetap berlangsung meriah. Didahului laporan  Ketua Panitia Penyelenggara, Marsda TNI (Purn) Chairul Akbar yang juga mengingatkan agar peserta tetap menjaga kekompakkan selama Mubes berlangsung. 

"Kita sudah sepakat hanya ada satu PKDP, kalau ada yang berbeda, mari kita kembali ke semangat PKDP itu," pintanya.

Wagub Sumbar menambahkan, urang Piaman di manapun adalah pionir dalam banyak hal, termasuk dalam menjalin persatuan di ranah dan di rantau. 

"Jadi, mari kita jaga persatuan itu. Jangan sampai ada perpecahan, jangan sampai ada PKDP yang lain, malu kita," kata dia.

Sebelumnya, Pj. Ketua Umum PKDP, Asmara Djaya menegaskan bahwa upaya menyatukan organisasi orang Pariaman di rantau ini tahun 1984 digagas oleh Bupati Padang Pariaman Anas Malik. Ini dimaksudkan agar organisasi rantau semakin lebih erat dan bersinergi satu sama lain.

Dalam perkembangannya, PKDP pun sudah didaftarkan sebagai ormas di Kementerian Dalam Negeri. 

"Jadi, inilah organisasi PKDP resmi, tak ada yang lain. PKDP bukan organisasi abal-abal, tetapi terstruktur dari atas ke bawah," tegas dia.

Sementara pejabat Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim menyambut baik diadakannya Mubes PKDP di Kota Pekanbaru ini. "Sumbar, Riau dan Jambi itu adalah satu. Meski kemudian menjadi tiga provinsi, kita tidak pernah berpisah," ujarnya yang disambut tepuk tangan hadirin.

Karena itu, kata dia, ketika Pak Yusuf Sikumbang (pengurus PKDP Riau) membawa pengurus DPP PKDP bertemu dirinya, ia langsung memberi gedung Serindik untuk acara pembukaan Mubes.

"Insya Allah, Sabtu siang (7/4) Pak Wamen Archandra Thahar akan hadir di Mubes, saya yang akan menjemput beliau ke bandara," kata Wan.

Dengan mengucap bismilah, Wan meresmikan pembukaan Mubes V tersebut.

Malam itu, di tempat yang sama juga juga digelar pleno pertama menetapkan pimpinan sidang dan pembacaan tata tertib. (*/al)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru