oleh



Merokok Saat Mengisi Bensin ke Jeriken, Rumah Syamsul Abidin Hangus Dilalap Api

PAYAKUMBUH (Metrans)

Akibat tidak berhati-hati dan waspada saat mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis premium ke dalam jeriken literan, sebuah rumah milik Syamsul Abidin (67 tahun) di Kelurahan Padang Tinggi Piliang, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Senin (2/12) sekira pukul 10.13 WIB ludes dilalap si jago merah.

Kasi Operasi dan Pencegahan Kebakaran Pemko Payakumbuh, Ahdion mengatakan, kebakaran yang terjadi di kawasan padat penduduk tersebut, diduga akibat kelalaian pemilik rumah Syamsul Abidin, yang merokok saat mengisi bensin ke dalam jeriken literan yang akan dijualnya secara eceran.


"Seperti dijelaskan beberapa warga setempat menyebutkan bahwa saat itu si pemilik rumah yang juga pemilik bengkel tambal ban itu tengah mengisi bensin ke dalam jeriken literan yang akan dijualnya. Namun, tiba-tiba ada percikan api yang bersumber dari rokok yang sedang dihisapnya dan menyambar bahan bakar tersebut," ujar dia.

Sebelum api membesar, Syamsul Abidin dibantu warga setempat berusaha menjinakkan api dengan peralatan seadanya. Namun karena di rumah korban tersebut ada BBM jenis premium, dengan mudah api membakar seisi rumah.     

Diakui Ahdion, beruntung warga setempat dengan cepat memberikan laporan kepada Dinas Kebakaran Pemko Payakumbuh dan segera menurunkan tiga unit Damkar dan belasan personel untuk menjinakkan kobaran api.

Operasi pencegahan dan pemadaman kebakaran dipimpin langsung Kasi Ops, Ahdion dan pengamanan area kebakaran dibantu Satpol PP ,TNI ,Kepolisian Kota Payakumbuh dan personel BPBD Kota Payakumbuh itu, akhirnya berhasil menjinakkan api beberapa jam kemudian.

"Diperkirakan kerugian yang dihadapi korban atas musibah kebakaran itu mencapai Rp200 juta, karena selain satu unit rumah berikut barang-barang yang ada di atas rumah tersebut hangus dilalap si jago merah," pungkas Ahdion (Lili Yuniati) 


Tag:

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru