Mufidah Jusuf Kalla Buka Lintau Expo 2018

Ibu Mufidah Kalla Pukul Gong tanda dibuk Lintau Ekspo 2018


BATUSANGKAR (Metrans)

Hari pertama Lintau Expo 2018 yang dipusatkan di Lapangan Kantor Camat Lintau Buo, Kamis (12/4), disambut meriah warga Lintau IX Koto. Kegiatan yang digagas Ikatan Keluarga Lintau Buo (IKLB) Kota Padang itu, juga mendapat dukungan penuh dari berbagai kalangan.

Istri Wakil Presiden RI Ny. Mufidah Jusuf Kalla, membuka resmi kegiatan yang untuk pertama kali digelar itu, didampingi Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumbar Nevi Irwan Prayitno, Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, Ketua TP PKK Tanah Datar Emi Irdinansyah, dan sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Tanah Datar.


Usai meresmikan Lintau Expo yang akan berlangsung hingga Jumat (13/4) ini, Ibu Mufidah berkesempatan mengunjungi stand-stand yang tersedia, dikelola nagari-nagari yang berada di Kecamatan Lintau Buo dan Lintau Buo Utara.

Salah seorang panitia expo, Hijrah Adi Syukrial menjelaskan, Lintau Expo 2018 merupakan ajang untuk memperkenalkan potensi Lintau IX Koto, terutama hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan ekonomi rakyat.

“Ada banyak potensi Lintau yang ditampilkan pada kegiatan ini, baik berupa kerajinan dan produk ekonomi kreatif maupun kuliner tradisional. Selain itu, program ini juga menampilkan berbagai atraksi seni budaya rakyat. Semoga potensi Lintau tersebut akan berkembang di masa mendatang,” ujar Hijrah.

Tokoh masyarakat Lintau Prof. Fasli Jalal di sela-sela kegiatan menampingi kunjungan Ibu Mufidah itu, menyatakan kebanggaannya atas terlaksananya kegiatan Expo itu. Dia pun berharap, kegiatan ini dapat berlangsung secara rutin dan dikembangkan dengan berbagai aspek penting lainnya.

Dikatakan, pada dasarnya Lintau yang terdiri dari dua kecamatan dan sembilan nagari memiliki beragam potensi, terutama di sektor pertanian, kerajinan, peternakan, dan usaha-usaha ekonomi berbasis rakyat, termasuk kerajinan songket dan tenunan yang akhir-akhir ini mulai tumbuh lagi di tengah-tengah masyarakat Lintau.

Wabup Zuldafri dalam sambutannya menyatakan, Pemkab Tanah Datar berterima kasih atas inisiatif masyarakat Lintau, baik yang di perantauan maupun di kampung halaman, dengan terselenggaranya kegiatan Lintau Expo itu.

“Atas nama pimpinan daerah, saya memberi apresiasi yang tinggi kepada panitia, camat, para walinagari di Lintau IX Koto berserta masyarakat atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Semoga potensi Lintau akan semakin dikenal dan dapat digali maksimal untuk kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Zuldafri berharap, Lintau Expo dapat terselenggara setiap tahun dengan manajemen dan kegiatan yang terus meningkat menjadi lebih baik.

Usai meresmikan dimulainya kegiatan Lintau Expo 2018 dan mengunjungi beberapa stand, Ibu Mufidah dan rombongan langsung meninjau Sekolah Songket di Nagari Tigo Jangko yang akan diresmikan operasionalnya bulan depan.

Di komplek sekolah itu juga sudah berdiri dengan megah rumah susun sewa (rusunawa) berlantai tiga. Rencananya, sebagian kamar-kamar rusunawa tersebut juga akan digunakan untuk asrama siswa Sekolah Tenun. Operasional Sekolah Kriya Tenun itu juga didukung dengan gedung galeri songket.

Pada hari pertama kunjungan kerja Ibu Mufidah di Kabupaten Tanah Datar, kemarin, putri asli Nagari Tanjuang Bonai, Lintau Buo Utara itu, juga melakukan kunjungan ke berbagai tempat, di antaranya Nagari Pariangan, rumah gadang keluarga Mufidah di Tanjuang Bonai, dan mengunjungi Masjid Raya Tanjuang Bonai yang kini dalam proses rehab berat.

Jumat (13/4) ini, Ibu Mufidah dijadwalkan akan mengunjungi perkebunan sera wangi di Kecamatan Rambatan, lalu berkunjung ke Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat di Kabupaten Solok, sebelum kembali ke Jakarta. (eri)

Editor :  John Edward Rhony

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2017





Facebook Comments