oleh



Najwa Shihab Motivasi Siswa untuk Gemar Membaca

BATUSANGKAR (Metrans)

Presenter kondang salah satu stasiun Tv nasional, Najwa Shihab menyambangi Kabupaten Tanah Datar, senin (12/11). Kedatangan perempuan yang akrab disapa Mbak Nana ini sebagai duta baca indonesia dengan misi meningkatkan minat baca masyarakat.

Dalam dialognya dihadapan ASN dan puluhan, Najwa shihab menyampaikan jika dirinya dibesarkan dari keluarga olh keluarga yang kutu buku. Terlebih, ayahanda, Quraish Sihab yang merupakan dosen sehari hari selalu berkutat dengan buku.


Dalam kesempatan ini, Najwa shihab juga memberikan tips tips agar membaca bisa menjadi budaya ditengah tengah masyarakat. 

"Yang pertama jangan membebankam diri dengan membaca buku yang tebal, dan lebih kepada kesukaan," ungkapnya

Menurut Najwa, Untuk bisa membaca, juga dibutuhkan keterampilan yang perlu dilatih. Hal ini dikarenakan membaca bukanlah insting, dan manusia memiliki insting bahasa.

"Perlu keterampilan yang terus dilatih. Jika terus dilatih akan mendapatkan daya tahan otak untuk bisa menerima informasi. Untuk itu perlu dimasukan jadwal membaca sebagai rutinitas sehari hari," ujarnya.

Selain itu, Najwa shihab juga mengajak masyarakat untuk memamfaatkan teknologi secara positif, untuk mendapatkan informasi yang positif pula. Teruntuk generasi muda, agar tidak memikirkan masa depan untuk satu tahun, hingga tiga tahun kedepan. 

"Apa yang terjadi 20 tahun kedepan, kita akan menjadi orang seperti apa? ditengah dunia yang seperti apa? dunia akan berubah dengan cepat dan jika tidak mengikuti perubahan kita akan tertinggal dan selesai," ucapnya.

Dalam dialog bertemakan peningkatan gemar membama bersama  Najwa Shihab ini turut dihadiri Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma, Duta Baca Tanah Datar Emi Irdinansyah, dan tamu undangan lainnya. (eri)


Editor :  Raihan Al Karim

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru