17 Sep 2017 | 16:04:24 WIB
Pewarta : Milhendra Wandi


GUBERNUR SUMBAR TANDATANGANI PRASASTI
Objek Wisata Gunung Singgirik di Bayang Pesisir Selatan Diperkenalkan

Objek Wisata Gunung Singgirik di Bayang Pesisir Selatan Diperkenalkan

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat berkunjung ke Nagari Aur Begalung, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sabtu (16/9).


PAINAN (Metrans)

Untuk memperkenalkan objek wisata Gunung Singgirik sekaligus peresmian dan menandatangani prasasti di daerah itu, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno melakukan kunjungan kerja beserta rombongan ke Nagari Aur Begalung, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sabtu (16/9).

Kedatangan rombongan tersebut langsung disambut Bupati Pesisir Selatan diwakili Sekda, Ir Erizon bersama anggota DPRD Provinsi Risnaldi, Kepala Dinas PU Era Sukma Munaf, Kepala Dinas Pariwisata Zefnihan, Camat Bayang Ilham Putra, Camat Bayang Utara, Ronal Bernando, Kapolsek Bayang Khairil Meidians , Danramil Bayang Warsidi, Walinagari se Kecamatan Bayang dan tokoh masyarakat.


Gubenur Sumbar, Irwan Prayitno dalam kesempatan itu mengatakan, bahwa ia merasa senang dan bahagia berada ditengah masyarakat dimana masyarakat tersebut cukup antusias menantinya.

Ia menyampaikan objek wisata yang berada di Kabupaten Pesisir Selatan, memiliki keindahan yang cukup bagus karena mempunyai, sungai, laut dan gunung.

"Dari beberapa objek wisata yang sudah kita kunjungi tadi seperti objek wisata Gunung Singgirik, Bukit Bendera dan dari sana tembus mencapai 90 derajat bisa melihat di sekeliling wilayah tersebut. Untuk itu objek wisata ini kedepannya agar bisa dikembangkan," kata Irwan Prayitno.

Dia mengatakan, untuk pembangunan objek wisata tersebut seperti jalan tentunya melalui tahapan.

"Untuk mencapai ke sana, sementara bisa dilakukan dengan berbagai kegiatan seperti hiking atau jalan kaki," ucapnya seraya mengajak semua lapisan masyarakat untuk bekerja keras guna meningkatkan perekonomiannya, dan pemerintah akan berupaya untuk mewujudkan hal tersebut.

Sementara Sekda Pessel, Ir. Erizon mengatakan ia berharap pada tahun 2018, untuk pengerjaan pengamanan masyarakat di sungai daerah Batang Bayang dan Sungai Batang Lumpo bisa terealisasikan.

"Sebab, kalau musim hujan daerah Batang Bayang dan Batang Lumpo yang paling parah terendam banjirnya," kata Erizon.

Lanjut dikatakanya, dan untuk pengamanan pantai di beberapa wilayah Pessel telah dilakukan, cuman yang menjadi kendala dengan kekurangan batu. 

"Karena disini hanya batu-batu kecil. Seperti keadaan masyarakat Lunang misalnya.dan itupun ditangani secara bersama-sama," sebutnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Risnaldi menyampaikan, Batang Bayang yang lebih kurang sepanjang 29 Km, telah mengancam keberadaan masyarakat dan juga Sungai Batang Lumpo.

Ia berharap, Infrastruktur pembangunan jalan dan juga pariwisata kedepannya bisa dilaksanakan pembangunannya.

"Mudah-mudahan kedepanya Kecamatan  Bayang semakin hebat, semakin sukses dan Kabupaten Pesisir Selatan semakin maju," ucap dari Partai Nasdem ini.

Dalam rangkaian kegiatan itu, Gubenur Sumbar, Irwan Prayitno menyerahkan bantuan BAZ dari Provinsi kepada masyarakat yang kurang mampu, diantaranya Kampung Lubuk Aur, Lubuk Pasing, Koto Berapak, Buah Tarok, Limau Asam, Rumah Panjang, Koto Baru, Kapujan, Gurung Panjang, Tanah Kareh, Karang Pauh, dan Kampung Lereng Bukik. (mil)

Editor :  Raihan Al Karim

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2017





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook