oleh

BIMTEK SOAL ANGGARAN

OPD Padang Panjang tak Mau Telah Ajukan Rancangan PAK

PADANG PANJANG (Metrans)

Untuk Tahun 2019 mendatang semua OPD Pemko Padang Panjang harus segera bergerak melakukan penyusunan rencana kerja. Agar bisa mengumpulkan (rencana kerja) dengan akurat dan tepat waktu.

Dari evaluasi sebelumnya, ada keterlambatan dalam rancangan PAK (perubahan anggaran keuangan). Namun, adanya bimtek ini bertujuan agar tidak mengulangi keterlambatan dalam perencanaan PAK seperti sebelumnya.


Maka untuk menyamakan persepsi dan peningkatan kompetensi dalam penyusunan skema anggaran  Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Padang Panjang menggelar bimbingan teknis (Bimtek)  bagi Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD)  di hotel Rocky Bukittinggi. Sabtu (8/12)

Tujuannya untuk penyusunan Anggaran dan mempersiapkan rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) hingga rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) di Kota Padang Panjang

 “Memang diakui ada keterlambatan karena ada masa transisi kelembagaan dan proses transisi. Semoga tahun depan tidak ada keterlambatan lagi. Harus sesuai target,” katanya

Lebih lanjut Hendra menjelaskan Bimtek yang dilaksanakan selama 3 hari ini mendatangkan langsung narasumber dari Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Padang Panjang, Drs, Asrul. Sementara itu Pj Sekda Kota Padang Panjang Martoni, S. Sos, Plt Kepala BKPSDM, Kepala BAPPEDA SonY Budaya Putra dan Kepala Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup Kota Padang Panjang Wita Desi Susanti ST turut hadir pada saat pembukaan berlangsung.

Dalam sambutan Walikota Padang Panjang Fadly Amran,BBA yang disampaikan oleh Wakil Walikota Padang Panjang Drs, Asrul, Walikota memberikan apresiasi kepada peserta bimtek yang terdiri dari Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), karena peserta bimtek adalah bagian dari unsur rencana yang akan membantu merumuskan, menyusun dan melakukan verifikasi terhadap beberapa usulan rencana kegiatan masing-masing OPD di Kota Padang Panjang.

Perencanaan yang baik adalah bagian strategis dan sangat menentukan keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai sasaran yang ingin diwujudkan. Kita berharap melalui bimtek ini peserta bisa memahami dan menerapkan bagaimana mekanisme dan sistem penganggaran berbasis kinerja yang sesungguhnya dan komponen-komponen apa saja yang wajib dipenuhi OPD terkait pengusulan kegiatan.

Kepada para peserta bim­tek Asrul mengharapkan agar seluruh peserta dapat me­nye­rap pemaparan dari narasum­ber sehingga segala permasa­la­h­an-permasalahan keua­ngan tidak menjadi temuan dari Aparat Pengawasan In­ternal Pemerintah (APIP) ka­rena telah dilaksanakan se­suai prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Jika pengad­mi­­niatrasian aset dan keua­ngan dijalankan dengan baik­, maka akan memudahkan da­lam hal pertanggungjawaban do­­kumen serta pendu­kung lain­nya, ungkap Asrul mengakhiri sambutan wako yang dibacanya.

Dalam kesempatan itu Wawako Asrul menambahkan untuk tahun anggaran 2019 hendaknya seluruh OPD dapat menjalankan dan melaksanakan seluruh kegiatan yang sudah direncanakan dengan sebaik mungkin jangan sampai ada keterlambatan lagi program kegiatan yang sudah direncanakan agar tidak meningkatkan Silva dari tahun ke tahun pungkasnya. (pul)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru