DANREM 032 WIRABRAJA:

Operasi Gaktib dan Yustisi Tingkatkan Disiplin dan Kepatuhan hukum Prajurit

Walikota Padang H. Mahyeldi Ansyarullah baju putih , Brigjen TNI Bakti Agus Gadis di.S.I.P, M.Si , DANDENPOM 1/4 Padang Letkol CPM Didik Haryadi

PADANG (Metrans)

Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari mengadakan Operasi Penegakan Ketertiban (Gaktib) dan Yustisi Pom TNI 2017 dalam suatu upacara yang dilaksanakan di Aula Detasemen Polisi Militer (Denpom) 1/4 Padang, Rabu (22/2).

Pada sambutan Danrem memerintahkan kepada seluruh prajurit bahwa upaya penegakkan disiplin dan kode etik keprajuritan menempati posisi penting dan sangat dibutuhkan guna mampu secara maksimal memberikan dampak positif bagi konsistensi sikap dan perilaku prajurit TNI.


Hal ini dapat terwujud melalui penyelenggaraan Operasi Gaktib dan Yustisi secara tegas dan berwibawa, sesuai dengan tema "Melalui Operasi Gaktib dan Yustisi TA 2017, Waspada Wira Piso" Polisi Militer TNI bertekad meningkatkan Disiplin, Loyalitas, Moralitas dan Kepatuhan Hukum Guna Mewujudkan TNI Yang Kuat, Hebat, Profesional dan Dicintai oleh rakyat.

"Sasaran penyelenggaraan Operasi Gaktib dan Yustisi TA 2017 adalah meningkatkan disiplin dan tata tertib serta kepatuhan hukum Prajurit TNI maupun PNS TNI yang bebas dari penyakit masyarakat seperti judi, miras, narkoba, dan penyalahgunaan barang-barang terlarang lainnya, pungutan liar (pungli) penyimpangan ideologi serta pelanggaran hukum lainnya," tambahnya.

Disisi lain dijelaskan Danrem, bahwa saat ini kita masih diwarnai keprihatinan akan tergerusnya nilai budaya luhur dan dampak negatif secara langsung atau tidak langsung, dapat menggerus kepribadian prajurit yang mempengaruhi nilai-nilai loyalitas, moralitas dan integritas prajurit.

Selain itu, dampak globalisasi juga dapat menjadi parasit bagi upaya membangun TNI yang profesional, solid, militan dan dicintai rakyat.

Ia menjelaskan upaya membangun TNI pada hakekatnya harus berorientasi kepada nilai sikap dan kode etik, sebagaimana yang terdapat di dalam Sapta Marga dan Sumpah Prajurit.

Dia menyebutkan, Operasi Gaktib dan Yustisi 2017 itu dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, operasi bertujuan menekan dan mencegah terjadinya pelanggaran serta perbuatan melawan hukum dari anggota TNI.

Dengan operasi tersebut diharapkan akan terwujud prajurit TNI yang memiliki jiwa patriot sejati, profesional, dan dicintai rakyat guna mendukung pencapaian tugas pokok.

Hadir juga instansi mendukung seperti Walikota Padang H. Mahyeldi Ansyarullah, SP, Kabid Propam Polda Sumbar AKBP Suranta Pinem, S.Ik, Dandenpom 1/4 Padang Letkol CPM Didik Haryadi, Dandim 0312/Padang Letkol Efran, Danden Bek Ang 0513 Letkol Ilham, Wadan POM Lantamal II Mayor Laut (PM) Gunawan, Dansat Pom AU Mayor PM Yohanes. H.P, Kasubbid Provost Kompol Afrizon, Kasi Propam Polresta AKP Eri, Pasi Intelrem 032 Kapten A. Bangun, Kepala Bea Cukai Teluk Bayur Andhi Pramono dan KA Dishub Sumbar diwakili oleh Kabag Humas An. Amran.

Sementara itu Dandenpom 1/4 Padang Letkol CPM Didik Haryadi menegaskan prajurit TNI harus disiplin, baik disiplin waktu maupun prilaku, “Kami siap memproses secara hukum terhadap suatu tindak pidana maupun pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh prajurit TNI,  khususnya prajurit TNI di wilayah Sumbar,”.

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mendukung dengan adanya operasi yang seperti ini guna untuk mengamankan Kota Padang untuk kedepannya bersama TNI dan seluruh yang mendukungnya. (bay)
 


Jangan Lewatkan