oleh



OSO Targetkan Pendirian DPW Gebu Minang se Indonesia

BANDUNG (Metrans)
Ketua Umum Gebu Minang DR. H. Oesman Sapta Dt. Bandaharo Sutan Nan Kayo menargetkan pendirian Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Gerakan Ekonomi dan Budaya Minang se Indonesia sampai tahun 2018.

Setiap bulan, kata OSO --panggilan akrab Oesman Sapta, pihaknya akan berusaha meresmikan DPW Gebu Minang di wilayah provinsi. "Sudah duapuluh tahun oganisasi kita tak bergerak. Kinilah saatnya Gebu Minang Bangkit dan Minangkabau Bangkit," katanya saat pengukuhan kepengurusan Gebu Minang Jawa Barat yang dipimpin langsung Ketua Umum Perhimpunan Keluarga Minang Jabar, Drs. H. Asril Das di Bandung, Sabtu (7/10) malam ini.

Menurut OSO yang juga Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI itu, dengan mendirikan DPW Gebu Minang di setiap provinsi itulah ekonomi masyarakat yang dimotori perantau Minang akan kita bangun. 


"Orang Minang itu pionir dalam berdagang dan menggerakkan ekonomi," ujarnya. 

Makanya seluruh pemda termasuk Jawa Barat, tambahnya, harus selalu berkomunikasi dengan pengurus masyarakat Minang atau Gebu Minang dalam menggerakkan ekonomi.

Dengan bangkitnya Gebu Minang dan orang Minang, katanya, insya Allah ekonomi bangsa ini juga akan ikut bangkit. "Dengan kebagkitan ekonomi, maka kemakmuran rakyat akan bisa kita capai," tegas OSO.

Ia menjelaskan, setelah seluruh DPW ada di semua provinsi, nantinya DPP Gebu Minang akan mengumpulkan seluruh pengurus di suatu daerah. "Di sanalah nantinya akan kita gelorakan lagi semangat perjuangan orang Minang, baik untuk dirinya, untuk daerah tepatannya, maupun untuk kampung halamanya," ujar OSO berapi-api yang disambut riuh 1000 an masyarakat Minang di Jawa Barat, khususnya dari Kota Bandung.

Tak lupa, OSO menitipkan orang Minang Jabar kepada pemprov Jabar melalui Wakil Gubernur Jabar Dedy Mizwar. "Saya harapkan Pemprov memanfaatkan potensi masyarakat Jawa Barat yang berasal dari Minang," pintanya.

Sebelumnya, Wagub Dedy Mizwar juga menyampaikan rasa kagum dengan masyarakat Minang, termasuk rendangnya yang sudah mendunia dan destinasi halalnya yang memenangkan kontes internasional.

"Saya banyak belajar dengan kegigihan orang Minang. Dan Insya Allah, orang Jawa Barat asal Minangkabau sudah menjadi entitas dari gerakan pembangunan di tanah pasundan ini," kata Wagub.

Sebelumnya, pituo masyarakat Minang Jabar, Halius Hosen, menyampaikan keyakinannya akan kepengurusan Gebu Minang Jabar yang dipimpin Asril Das untuk berbuat bagi masyarakat Minang perantauan, termasuk membina anak-anak yang sekolah dan kuliah di Jawa Barat, maupun untuk membangun daerah tepatan dan kampung halaman.

"Di bawah bimbingan Pak OSO, saya yakin Gebu Minang akan bangkit bersama masyarakatnya," kata mantan Ketua Komisi Kejaksaan itu.

Drs. Asril Das yang didapuk memimpin Gebu Minang Jawab Barat, menyatakan sanggup menahkodai gerakan ekonomi dan budaya ini bersama pengurus lainnya yang telah ditetapkan. "Insya Allah, kami siap bekerja menggelorakan semangat Minang Bangkit ini melalui Gebu Minang," ujar Asrild Das. 

Rangkaian acara pengukuhan kepengurusan DPW Gebu Minang Jabar ini sudah dirangkai dengan festival kuliner Minang sejak Rabu lalu. Tadi malam, acara diakhiri dengan permainan KIM dan penampilan artis Ratu Sikumbang. (*/al)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru