oleh



Patroli di Payakumbuh Ricuh, Sejumlah Remaja Lempar Satpol PP Pakai Batu

PAYAKUMBUH (Metrans)

Personel Satpol PP Kota Payakumbuh yang melakukan patroli rutin di Jalan Soekarno Hatta atau tepatnya di depan Halte Pakan Sinayan dilempari batu oleh sejumlah remaja, Rabu (29/5) dini hari.

Kuat dugaan, sejumlah remaja yang nekad melawan petugas yang sedang patroli rutin karena merasa terusik oleh razia yang sering kali digelar Satpol PP dan Tim 7 Penegak Perda Kota Payakumbuh. Mengingat sejumlah remaja sering menggelar aksi balap liar, pekat dan nongkrong hingga larut malam. 


"Memang ada sejumlah remaja yang melempar petugas yang sedang patroli rutin. Sehingga ada seorang petugas kita Rizki terkena lemparan batu dan kendaraan dalmas juga dilempari. Beruntung petugas kita menggunakan rompi lengkap sehingga tidak ada luka atau cedera, begitu juga dengan mobil dalmas yang juga dilindungi dengan perisai besi," jelas Kasat Pol PP dan Damkar Kota Payakumbuh, Devitra, Rabu (29/5) kepada awak media.

Dia menyebut, setelah sejumlah remaja itu melayangkan paparan batu yang cukup besar kepada petugas dan kendaraan operasional dalmas, mereka mencoba kabur dengan kendaraan yang sudah dipersiapkan. 

"Setelah melempar petugas mereka langsung tancap gas dengan kendaraan roda duanya yang di antaranya ada juga perempuan. Salah satu anggota kelompok remaja yang melempar ini berinisial AS yang beralamat di Piladang berhasil ditangkap petugas. Yang bersangkutan dibawa ke kantor Satpol PP untuk pemeriksaan lebih lanjut," sebut Devitra.

Pihaknya berencana akan meneruskan laporan kejadian ini ke pihak kepolisian untuk diproses lebih lanjut karena sejumlah remaja itu sudah melawan petugas dan merusak aset negara. 

"Karena mereka melawan petugas yang sedang melakukan patroli, kemudian juga telah merusak aset negara dengan melempari kendaraan dalmas, kita berencana akan meneruskan laporan kejadian ini ke pihak kepolisian untuk diproses lebih lanjut," lanjutnya.

Sebelumnya, Patroli Satpol PP digelar di berbagai tempat dalam Kota Payakumbuh seperti Terminal Koto Nan 4, RTH Ibuah, Labuah Basilang, Pasar Padang Kaduduak serta Simpang By Pass Ngalah. Dari hasil patroli menjelang tengah malam itu, beberapa orang remaja diangkut ke kantor Satpol PP untuk diproses oleh penyidik. 

"Setelah kita melakukan patroli ke beberapa tempat dan berhasil kita amankan beberapa orang. Setelah itu patroli kita lanjutkan sekitar pukul 02.00 WIB dinihari, pas sampai di depan Halte Pakan Sinayan, sejumlah remaja yang sudah stand by dengan batu yang lumayan besar langsung melempar petugas yang saat itu menggunakan kendaraan dalmas dan patroli kijang," pungkasnya. (li2)


Tag:

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru