oleh

MERIAHKAN HARI RAYA KURBAN 1438 H

Pedagang Pasa Lereng Bukittinggi Sembelih Sembilan Ekor Sapi

BUKITTINGGI (Metrans)
Persatuan Pedagang Pasa Lereng (P3L) Kota Bukittinggi, seperti tahun-tahun biasanya mengadakan penyembelihan hewan kurban. Tahun ini P3L Kota Bukittinggi menyembelih sebanyak 9 ekor sapi.

Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban tersebut dilakukan, Sabtu (2/9) di kawasan los lambuang tepatnya dekat Mushalla, disaksikan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Bukittinggi Melwizardi, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Bukittinggi M.Idris serta para peserta kurban dan juga pengurus P3L Kota Bukittinggi.

Ketua Persatuan Pedagang Pasa Lereng (P3L) Masri didampingi Sekretaris Hengki Evon mengatakan, penyembelihan hewan kurban ini diikuti oleh 63 peserta. 


Dikatakan, untuk pendistribusian daging tersebut, ditata sedemikian rupa, agar adanya pemerataan dalam penerimaan daging hewan kurban tersebut. 

"Untuk setiap peserta kurban mendapat 1 kupon besar dan 800 kupon kami bagikan kepada anggota P3L," kata Masri.

Menurut Masri dan Hengki, setelah sapi disembelih, daging kurban tak hanya diperuntukkan bagi pedagang pasar saja, tapi juga dibagikan kepada mereka yang berhak seperti fakir miskin. 

"Jadi, para pedagang Pasa Lereng tak hanya berdagang saja, kita juga ikut membangun kepedulian antar sesama kaum Muslim," jelasnya.

Hengki Evon menjelaskan penyembelihan hewan kurban dari para pedagang Pasa Lereng ini sudah berlangsung sejak tahun 2000 lalu, dan tetap berlanjut hingga tahun ini. 

Selanjutnya dia mengatakan, dari tahun ke tahun penyelenggaraan penyembelihan bervariasi jumlahnya, misalnya pada tahun 2016 jumlah hewan kurban sebanyak 10 ekor sapi, tahun kini hanya 9 ekor sapi.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan P3L, kata Hengki, antara lain di bidang sosial keagamaan mengadakan pengajian bulanan dan kegiatan religi lainnya, di bidang sosial kemasyarakatan, mengadakan gotong royong di lingkungan pasar, dan setiap tahun mengadakan upacara kenegaraan yaitu upacara 17 Agustus di tanah lapang areal pasa lereng. (win)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru