oleh

PENGABDIAN MASYARAKAT DOSEN SENDRATASIK UNP

Pelatihan Sibelius untuk Penguatan Literasi di Era Disrupsi 4.0

Padang, Khazanah--- Sebagai perwujudan pelaksanaan Tri Dharma Pergurua Tinggi, dalam hal pengabdian masyarakat, Dosen Jurusan Seni Drama Tari dan Musik (Sendratasik) , Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Padang (UNP) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat bagi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Seni Budaya di Kabupaten Solok.

 

Kegiatan yang diberi nama Pelatihan Sibelius sebagai Penguatan Literasi Digital di Era Disrupsi 4.0 bagi MGMP Seni Budaya di Kabupaten Solok ini dibuka oleh Pengawas MGMP Seni Budaya Kabupaten Solok, Edi Efri, S. Pd., MM.


Pelaksanaan pelatihan ini dimulai dari bulan Juli lalu dan berakhir pada bulan November sekarang , dan dilaksanakan di SMA Ngeri 2 Gunung Talang, Sukarami, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok.

Menurut Ketua Tim Pengabdian tersebut, Drs. Esy Maestro, M. Sn., latar belakang pengabdian ini dikarenakan profesi guru menuntut dan mengharuskan guru untuk selalu melakukan upgrade pengetahuan dan skill baik itu dari segi materi maupun strategi dalam mengajar.

Selain itu, kegiatan pengabdian kali ini dititikberatkan pada pembekalan guru untuk meningkatkan keterampilan mereka menggunakan teknologi musik berupa penguasaan software sibelius  yang dapat digunakan untuk membuat musik, menyalin ulang lagu, yang telah ada, atau menciptakan  lagu baru dalam formasi aransmen musik sekolah.

“Pelatihan keterampilan penguasaan program Sibelius dikemas dalam kegiatan penerapan IPTEK yang sangat bermanfaat bagi guru seni musik  tingkat SMA di Kabupaten Solok,” ujar Esy Maestro, Jum’at (8/11).

Ditambahkan Esy Maestro, untuk mencapai tujuan pelatihan ini, kegiatan tersebut dilakukan menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan demonstrasi, serta pembberian tugas (resitasi).

“Untuk pencapaian sasaran dilakukan evaluasi pengamatan langsung dan tanya jawab serta  dilanjutkan dengan  evaluasi tugas pembuatan aransmen lagu menggunakan tools yang terdapat dalam program Sibelius  dalam bentuk data audio (bunyi) dan visual (partitur music),” ujar Esy Maestro.

Adapun kontribusi dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan aransmen lagu dari guru-guru seni budaya SMA di Kabupaten Solok.

Selain itu juga diharapakan dapat meningkatkan kemampuan guru-guru SMA dalam merancang,  membuat dan mengaransir bahan ajar seni budaya di sekolah.

Hal lain yang diharapkan adalah meningkatkan proses dan kualitas pembelajaran seni budaya di tingkat SMA di kabupaten Solok serta muara akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Tim pengabdian masyarakat  Sendratasi FBS UNP ini diketuai oleh Drs, Esy Maestro dengan anggota Fajry Subhan Syah Sinaga, S. Pd., M.A. (*/Novrizal Sadewa)

 

 


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru