Pemkab dan Polres Tanah Datar Deklarasikan Anti Hoax

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas dan Forkopimda Tanah Datar tandatangani deklarasi Anti Hoax.heri

BATUSANGKAR (Metrtans)

Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas memimpin deklarasi anti hoax dalam apel kampanye keselamatan berlalu lintas pada operasi Singgalang 2018 di lapangan Cindua Mato Batusangkar, Rabu (14/03).

Kegiatan deklarasi anti hoak tersebut dihadiri Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Forkopimda Tanah Datar, Kepala OPD dilingkungan Pemkab Tanah Datar, PJU Polres dan para Kapolsek se Tanah Datar.


Polres dan Pemkab serta Forkopimda Tanah Datar melaksanakan deklarasi anti hoax. Kegiatan ini dilakukan usai pelaksanaan apel kampanye keselamatan berlalu lintas, juga dipandu oleh jajaran Tanah Datar.

Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji dalam sambutannya mengatakan, berita hoax tersebut dinilai bisa menghabiskan energi dan berpotensi mengganggu keamanan stabilitas negara.

Sementara itu Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi mengimbau jaga stabilitas, situasi dan kondisi daerah yang sudah kondusif ini, agar tidak terjadi kesimpangsiuran informasi yang tidak pasti.

“Deklarasi ini sebagai respon atas maraknya informasi di media sosial, yang kini cenderung menyajikan berita yang masih perlu dipastikan keakuratannya,” ungkap bupati.

Menurut bupati, hoax bukan sekedar informasi palsu. Tapi lebih dari itu, informasi hoax yang kemudian menjadi viral di media sosial, bisa memicu kegaduhan di tengah masyarakat. “Mari gunakan media sosial hanya untuk hal-hal yang positif dan produktif,” ajak bupati.

Bupati menambahkan, mengingat dampak negatif berita hoax, maka perlu diingatkan kembali kepada para aparatur sipil negara, sehingga sumber hoax itu tidak berasal dari pegawai. “Kita bertekad untuk tidak menggunakan hoax sebagai dasar informasi yang tidak jelas. Untuk itu, secara kolektif kita menolak dan tidak memberikan informasi hoax kepada masyarakat,” pungkas bupati.

Sementara peserta apel deklarasi anti hoak terdiri dari personil Polres, Dinas Perhubungan, Pol PP, Polisi Cilik, pelajar SLTA dan SLTP se Tanah Datar, personil clup Toyota, clup Pick Up, Tiger clup dan Offroad clup. (eri)


Jangan Lewatkan