oleh

DALAM WAKTU DEKAT

Pemkab Tanah Datar Akan Lakukan Mutasi Jabatan

BATUSANGKAR (Metrans)

Dalam waktu dekat pemerintah daerah kabupaten Tanah Datar akan melakukan rotasi jabatan. Hal tersebut disampaikan Bupati Tanah Datar Irdinansyah, Minggu (5/6) kepada Metrans usai jumpa pers di indojolito Batusangkar.

Irdinansyah katakan dalam waktu dekat ini akan dilakukan rotasi jabatan, semua itu akan dilakukan setelah pemerintah daerah bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daereh (DPRD) melakukan evaluasi terhadap pencapaian RPJMD nanti, insyaallah bulan Agustus ini, ucapnya.


Ia tambahkan, Mutasi jabatan nantinya melingkupi pejabat eselon 2 dan 3 pada masing-masing satuan kerja perangkat daerah atau SKPD.

Khusus untuk eselon II, bupati jelaskan kita melibatkan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) agar betul-betul komprehensif, yang juga melibatkan panitia seleksi yang telah dibentuk di masing-masing SKPD.

Sedikit bupati bocorkan, berdasarkan hasil evaluasi pansel yang diserahkan kepada kepala daerah maka tidak seluruhnya pejabat eselon 2 yang akan dimutasi ke tempat yang baru.

"Beberapa rekomendasi pansel yang diterima seperti ada yang tetap di jabatan semula, dan tetap di jabatan semula tapi perlu pembinaan," katanya.

Ia juga katakan, hasil evaluasi pansel juga telah dikonsultasikan ke Jakarta dan KASN, mengizinkan serta mengintruksikan akan untuk melakukan rotasi  dengan catatan tidak ada yang turun jabatan dan tidak ada yang non job. Mutasi yang akan dilakukan telah mengacu pada perundang-undangan yang berlaku. Pemerintah daerah juga telah meminta izin kepada KASN untuk melakukan mutasi jabatan ini, ucapnya.

“Kepala daerah tidak bisa seenaknya memutasi pejabat eselon 2, dan untuk melakukan hal tersebut perlu izin dari KASN. Setelah diizinkan, maka itu menjadi dasar mutasi dilakukan,” tuturnya.

Meski mutasi dilakukan pada pertengahan tahun, Bupati meyakinkan jika hal tersebut tidak akan mengganggu pada kinerja serapan APBD 2018.

Mutasi nantinya juga akan berdampak terjadinya kekosongan jabatan di beberapa SKPD. Setidaknya tersapat 6 jabatan akan mengalami kekosongan, dan untuk sementara waktu dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt).

“Jabatan yang kosong nantinya akan diisi melalui seleksi terbuka atau lelang jabatan yang dapat diikuti oleh ASN yang berminat. Pembukaan seleksi dilakukan setelah pelantikan terhadap pejabat yang baru,” tegasnya. (eri)


Editor :  Febriansyah Fahlevi

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru